Awas Hoaks , Simak Deretan Hoaks yang Berdar Pekan Ini

BONEPOS.COM, Mudahnya akses internet dan maraknya wartawan dadakan membuat berita semakin mudah didapat. Jika tidak disaring dan teliti, besar kemungkinan kita bisa terpapar berita bohong alias hoaks. Selama seminggu terakhir, bonepos merangkum beberapa berita hoaks yang beredar di media sosial dan meresahkan. Yuk pahami berita ini agar tidak ikut terjebak hoaks.

UGM, BTN Lomba Lari Sampai Mati

Belakangan ini beredar poster acara lari maraton yang menggegerkan publik. Di poster itu tertulis 'UGM BTN Death Marathon, LARI MENUJU KEMATIAN' dengan rute lari sejauh 1.000 km dari Tugu Tani, Jakarta, hingga Alun-alun Nganjuk, Jawa Timur..

Bandara Soekarno-Hatta Dijual ke Hong Kong

Media sosial diramaikan oleh isu soal dijualnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke pihak asing, yakni Hong Kong.

Isu dijualnya salah satu bandara terbesar di Indonesia ini salah satunya menyebar di media sosial Facebook.

Salah satu akun Facebook mengunggah status tentang kabar berita yang menyebutkan Bandara Soekarno-Hatta dijual ke Hong Kong pada 18 Juli 2019.

Unggahan status ini dilengkapi link video dengan keterangan "Luar biasa, aset negara dijual ke pihak asing".

Lowongan Angkasa Pura i

Beredar kabar Angkasa Pura I membuka lamaran untuk 17 posisi. Di antaranya pramugari, aviation security officer, fly security, fire fighting officer, apron movement, controller atau avia bridge, air traffic controller, air craft maintenence, engineer, dan flight operation officer.

Selain itu, ada pula posisi perawat, marshaller, check in counter, costumer service, pemadam kebakaran, driver, dan mekanik. Lowongan dibuka untuk pria dan wanita dengan syarat usia 18-40 tahun. Syarat lainnya ialah tingkat pendidikan minimal sekolah menengah atas atau yang sederajat serta memiliki penampilan menarik dan komunikasi yang baik. Adapun gaji yang diiming-imingi mencapai Rp 6,5 juta dengan fasilitas uang makan, mess, transportasi, jaminan, hingga THR.

Tercantum alamat infoangkasapura1@graduate.org dalam pengumuman hoaks itu. Kabar itu juga menyatakan batas pengumpulan lamaran 30 Juli 2019.

Uang Berserakan di Pantai Anyer

Media sosial ramai dengan foto uang ratusan juta rupiah ditemukan di Pantai Anyer, Banten. Uang itu dikabarkan milik seseorang dan hanyut terbawa gelombang tsunami.

Uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu itu kemudian tercecer di pantai, seperti tampak dalam foto.