Wakil Bupati Bone Pantau Transaksi Pajak Online di KPK

BONEPOS.COM, BONE - Wakil Bupati Bone Drs. H.Ambo Dalle memantau pemanfaatan Alat Perekam Transaksi Pembayaran di Cafe Klinik Pencinta Kopi Cafe KPK Watampone, pada Senin 29 Juli 2019.

Sebelumnya, Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi telah mengisyaratkan kepada pihak terkait agar penggunaan dan pemanfaatan alat perekam transaksi pembayaran pajak ini untuk dipantau secara rutin.

Penerapan alat rekam pajak bersistem online ini sebagai upaya mengoptimalkan pendapatan daerah. Sekaligus mencegah adanya pelanggaran di sektor pajak.

Alat rekam pajak bersistem online tersebut langsung terpantau dan di bawah pengawasan dan supervisi KPK bidang korsupgah.

Alat perekam transaksi pajak daerah ini merupakan bagian program KPK kepada pemerintah daerah. Di mana dalam penerapannya sudah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan bersama Bank Sulselbar.

Adapun alat perekam transaksi pajak yang dimaksud, di antaranya tapping box, barebone, dan POS (payment online system). Meskipun sifatnya sama-sama merekam data transaksi, khusus Barebone sendiri itu lebih kepada penggunaan sistem komputerisasi.

“Alat ini dipasang di tempat wajib pungut pajak yang punya sistem transaksi penjualan sendiri” kata Kepala Bapenda Bone A Herman Sampara

Sedangkan, tapping box digunakan pada wajib pungut pajak yang punya mesin kasir dan merekam data transaksi untuk pembayaran yang dicetak pada printer.

Kemudian ada POS (payment online system) yang digunakan umumnya di beberapa wajib pajak yang masih bersifat manual.

“Jadi alat kita itu ada tiga macam yang disesuaikan dengan kondisi wajib pungut pajak kita. Yang kita sasar ada 4 objek pajak, yaitu objek pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir. Menyusul yang lain, tapi kita fokus dulu yang empat ini,” tuturnya.

“Alat ini disiapkan pihak Bank Sulselbar. Jadi mereka berkepentingan dalam penyiapan alat dan pengoperasiannya. Kami hanya menyiapkan wajib pajaknya,” tambahnya.

Hadir mendampingi Wakil Bupati Bone, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP), Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Assisten II), dan Pejabat Bank Sulselbar memantau pemanfaatan Alat Perekam Transaksi Pembayaran di Cafe Klinik Pencinta Kopi ( Cafe KPK ) Watampone, Senin 29 Juli 2019.