Mengharukan, Nenek Usia 102 Tahun Asal Bone Berangkat ke Tanah Suci

BONEPOS.COM, BONE - Tangis haru dan bahagia menyelimuti pemberangkatan A. Sitti Ammase Parawangi, nenek usia 102 tahun salah satu calon haji tertua di Sulawesi Selatan.

Nenek Ammase jemaah haji tertua asal asal Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone itu meski usianya sudah seabad lebih, perempuan kelahiran Bone ini tetap semangat untuk berangkat ke Tanah Suci.

Nenek Ammase resmi diberangkatkan oleh Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle di Masjid Agung Al-Ma'arif, Rabu, 31 Juli 2019, pukul 22.00 Wita.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone H Wahyuddin Hakim menjelaskan A Sitti Amase menjadi satu dari 447 jamaah tertua dari Bone.

"Jemaah calon haji asal Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone itu jamaah tertua di Sulsel dan tertua kedua di Indonesia. Dia diberangkatkan dalam kondisi sehat," ungkap Wahyuddin Hakim.

A. Sitti Ammase tergabung dalam kelompok penerbangan (kloter) ke 2 yang diberangkatkan pada hari Rabu malam. Tak sendirian, dia didampingi salah satu anaknya Kamaluddin dan A. Nuraeni menantunya.

Kamaluddin anak bungsu nenek A. Sitti Ammase menuturkan, ibunya mendaftar haji pada 2013 dan tahun ini masuk salah satu jamaah calon haji usia lansia yang masuk kuota tambahan Kemenag Bone.

Wakil Bupati Bone mengaku bangga dengan semangat A. Sitti Ammase. "Berhaji itu tidak kenal orang tua atau muda yang tua juga bisa melaksanakan kalau diberi kekuatan oleh Allah, meski dilihat secara fisik sulit, boleh jadi yang tua itu lebih sehat karena kekuatan Allah," kata Ambo Dalle.