Segera Ditetapkan, Ini Kriteria Kader Golkar Calon Ketua DPRD Bone

BONEPOS.COM, BONE - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Bone akan mengusulkan nama-nama calon ketua DPRD pada awal bulan Agustus 2019 ini.

Usulan nama-nama calon Ketua DPRD Bone dari partai Golkar ini akan ditetapkan dalam rapat pleno DPD II Partai Golkar yang akan digelar pada Sabtu, 3 Agustus 2019 lusa.

Sekretaris DPD II Golkar Bone, H Firman Batari mengatakan, penetapan calon pimpinan DPRD Bone ini harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh Golkar.

"Ada beberapa kriteria, nantinya akan dilakukan pemilihan dalam rapat pleno yang digelar lusa," ungkapnya kepada Bonepos.com, Kamis 1 Agustus 2019 malam.

Firman menyebutkan, kriteria ditetapkan Golkar yakni calon harus dari pengurus harian, pernah menjadi anggota DPRD, memiliki suara terbayak dan tidak pernah menjadi pengurus di partai lain.

"DPD II nantinya mengusulkan tiga nama sesuai dengan kriteria disebutkan, kemudian diserahkan ke DPD I lalu dikirim ke DPP untuk disetujui, dan kembali lagi ke DPD I untuk ditetapkan," jelasnya.

Firman menjelaskan, kalau pun dalam rapat pleno jumlah nama calon yang diusulkan tidak dapat terpenuhi sebanyak 3 nama, maka DPD I memiliki kewenangan untuk menentukan nama lain.

"Kalau tidak cukup 3 nama, maka DPD I berhak menentukan nama calon lain, meskipun itu bukan usulan dari DPD II," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Bonepos.com, sejumlah nama legislator Golkar Bone terpilih disebut-sebut bakal berebut kusri ketua DPRD Bone, periode 2019-2024.

Mereka adalah Andi Akbar Yahya yang saat ini menjabat sebagai ketua DPRD Bone, kemudian, Andi Ryad Baso Padjalangi, Irwandi Burhan dan Andi Idris Rahman.

Dari keempat nama anggota DPRD Golkar tersebut, yang berhasil meraih suara terbanyak pada Pileg 2019 ini, yakni Irwandi Burhan. Anggota DPRD petahana ini berhasil meraih 6.861 suara.