Jelang Idul Adha, Polres-Dinas Peternakan Gowa Gelar Pemeriksaan Hewan Qurban

BONEPOS.COM, GOWA - Jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 H yang jatuh pada 11 Agustus 2019 mendatang, jajaran Polres Gowa bersama Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Kabupaten Gowa kini mulai melakukan pemeriksaan terhadap penjualan hewan qurban.

Seperti pada Jumat 2 Agustus siang ini, Polres Gowa yang dipimpin oleh Ipda Suparno bersama DPP Kabupaten Gowa yang dipimpin Kadis DPP Gowa Ibu Suhriati kini melaksanakan pemeriksaan terhadap hewan yang akan diqurbankan, yang berada di peternakan

Dari informasi yang dihimpun, pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kelayakan hewan yang dijual, dapat atau tidaknya diqurbankan dengan sasaran mulai dari kesehatan, umur, luka/cacat, hingga surat keterangan asal usul dan keterangan kesehatan hewan tersebut.

Tak tanggung-tanggung, dalam pemeriksaan ini, DPP Kabupaten Gowa juga melibatkan langsung Dokter Hewan Dr. Widodo untuk mengecek kesehatan terhadap hewan-hewan yang akan diqurbankan tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap dua peternakan hewan yang ada di Wilayah Gowa, sejauh ini Alhamdulillah hewan-hewan yang dijual tersebut layak untuk diqurbankan," ungkap Ipda Suparno saat dikonfirmasi.

Para pedagang hewan qurban pun dihimbau untuk senantiasa memperhatikan kualitas hewan yang dijual, sehingga tidak memberikan kerugian bagi pembelinya.

Adapun pemeriksaan terhadap hewan qurban ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan hingga 3 (tiga) hari pasca lebaran Idul Adha.

Penulis:Ahmad Rusli