Sekolah di Bone Ini Siap Terapkan Program SMA Zonasi

BONEPOS.COM, BONE - Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 3 Bone/Sinjai Disdik Provinsi Sulsel Drs A Syamsu Alam, M.Pd membuka kegiatan program SMA Zonasi Tahun 2019 UPT SMA Negeri 1 Bone di Aula sekolah setempat Sabtu, 3 Agustus 2019.

Kegiatan yang bertajuk In House Training (IHT) Implementasi E-Rapor SMA tersebut diikuti guru dari sekolah imbas yakni, SMAN 13 Bone, SMAN 7 Bone, SMAN 3 Bone, SMAN 9 Bone, SMA PGRI dan SMAN 1 Bone sebagai pelopor atau sekolah pengimbas.

Kepala Cabang Dinas A. Syamsu Alam mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah pelayanan dan peningkatan mutu pendidikan. "Ini program rektorat dan satu-satunya sekolah pengimbas adalah SMAN 1 Bone. Sekolah ini nantinya punya sekolah imbas," jelas A. Syamsu Alam.

Selain itu melalui program ini A. Syamsu Alam berharap pelayanan pendidikan dan mutu pendidikan semakin meningkat serta semakin berkualitas. "Program inilah yang mulai kita godok sekarang," pungkasnya.

Senada dijelaskan Kepala SMA Negeri 1 Bone Muhammad Idris, bahwa maksud dari program SMA Zonasi itu adalah bagaimana mendorong sekolah untuk meningkatkan mutu pemenuhan standar nasional pendidikan dan menumbuh kembangkan praktek-praktek yang baik pada penyelenggraan pendidikan dan dapat diimbaskan ke sekolah lain yang di zonasinya.

Dalam kesempatan yang sama, penanggung jawab kegiatan Drs. H. Yuddin K dihubungi Bonepos.com menjelaskan bahwa, program tersebut adalah kegiatan positif yang akan dilaksanakan untuk menerapkan sistem E-Rapor SMA. "Inti program ini adalah adanya transparansi nilai yang nantinya nilai ujian anak di sekolah sudah bisa diketahui langsung oleh orangtua dan siswa," ungkapnya.

Selain itu dijelaskan H Yuddin Training IHT itu juga membahas tentang pembelajaran Hots dan penilaian Hots. "Pembelajaran ini membutuhkn nalar tinggi karena guru dituntut bisa membuat soal untuk menghadapi Ujian Nasional dan SMPTN," jelasnya.