Cara Ampuh Bersihkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter

BONEPOS.COM, Tak hanya mengganggu penampilan, karang gigi juga menyebabkan beragam penyakit.

Karang gigi atau kalkulus gigi adalah plak yang telah mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memperluas area bagi plak untuk berkembang dan menyebabkan permukaan menjadi lebih lengket, hal ini akan menyebabkan penyakit gigi yang lebih parah lagi yaitu radang gusi.

Selain merugikan bagi kesehatan, karang gigi juga akan mengurangi rasa percaya diri, mulai dari bau mulut hingga warna gigi yang menguning.

Apakah kamu pernah mengalami karang gigi atau sedang mengalaminya? Merasa risih dengan situasi ini? Kenali dulu penyebabnya karang gigi.

Penyebab karang gigi

Umumnya sih, penyebab munculnya karang gigi adalah karena sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama dan tidak segera dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak segera dibersihkan ini akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi. Air liur yang mengandung mineral malahan akan membantu sisa makanan tadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

karang gigi karena sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama pada gigi dan tidak segera membersihkannya. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak dibersihkan ini akan menumpuk dan berubah menjadi karang gigi. Air liur yang mengandung mineral akan membantu sisa-sisa makanan tadi jadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun jadi mengeras atau sedimentasi.

Nah bagi yang takut ke dokter gigi, bisa mecoba beberapa cara ini untuk menghilangkan ataupun mengatasi karang gigi yang bandel secara alami. Simak ya,

1. Mengonsumsi buah kaya vitamin C

Vitamin C juga baik untuk kesehatan mulut anda, oleh karena itu anda juga bisa menggunakan buah-buahan yang mengandung vitamin C sebagai pasta gigi.

Caranya :

  1. Anda cukup menghancurkan buahnya sampai halus. Misalnya :jeruk, stroberi, lemon.
  2. Lalu celupkan pasta gigi dan sikat gigi Anda seperti biasa selama 2 menit.

2. Mengunyah daun sirih

Mungkin Anda pernah melihat nenek,kakek atau orang tua yang sedang mengunyah-ngunyah sesuatu? Sebenarnya yang mereka kunyah adalah daun sirih. Karena Daun sirih berkhasiat untuk membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Caranya :

  1. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa Anda tambahkan 1 batang cengkeh juga.
  2. Haluskan tapi jangan terlalu halus, lalu kunyah campuran di atas.

3. Mengonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayur telah diketahui memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, demikian pula untuk mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, Anda dapat juga menghilangkan karang gigi. Terutama apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, dengan makan buah dan sayur, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.

4. Menggunakan kulit Jeruk

Cara sederhana menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Jeruk adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

Caranya :

  1. Sebelum Anda menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya.
  2. Lalu gosokkan langsung pada gigi.
  3. Gosok sampai merata.
  4. Jangan langsung berkumur, tapi biarkan dulu semalaman.
  5. Esok harinya baru berkumur.
  6. Lakukanlah setiap hari menjelang Anda tidur untuk hasil yang maksimal.

5. Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda

Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda mampu menghilangkan dan memutihkan gigi Anda dengan cepat. Dengan menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

Caranya :

  1. Ambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata.
  2. Kemudian Anda tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini.
  3. Sikat gigi Anda seperti biasanya selama 2 menit, lalu berkumur dengan air.
  4. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Nah semoga tips diatas bermanfaat ya. Selamat mencoba.

Editor: Redaksi Bonepos