Plt Camat Sinjai Utara Terapkan Pelayanan Masyarakat 10 Menit

BONEPOS.COM, SINJAI - Tingkatkan pelayanan terhadap maayarakat Kabupaten Sinjai, Plt Camat Sinjai Utara, Andi Jefriyanto Asapa telah menerapkan sistem Good Governance dalam rangka reformasi birokrasi.

Hal ini telah disampaikan langsung oleh Jefriyanto pada saat dirinya menjadi pembina apel gabungan, di halaman kantor Bupati, Senin 5 Agustus 2019.

Menurut Andi Jefriyanto bahwa tujuan tersebut telah ditentukan sasaran-sasaran yang akan dicapai antara lain terwujudnya tertib administrasi, terwujudnya laporan kinerja yang dapat menunjang Kecamatan Sinjai Utara, kemudian tercapai pelayanan dan penyelenggaraan di Kelurahan secara terkoordinasi serta terwujudnya peningkatan sarana dan prasarana di setiap Kelurahan.

"Langkah yang dilakukan untuk
menetapkan SOP dalam memberikan pelayanan umum kepada masyarakat secara keseluruhan. SOP yang telah ditentukan ini bukan hanya berlaku di lingkungan Kecamatan Sinjai Utara tapi kami memulai dari tingkat paling rendah yaitu dari tingkat lingkungan, desa, lurah hingga kecamatan," kata Jefriyanto.

Lanjut Andi Jefriyanto mengungkapkan bahwa dalam penerapan SOP terkait pelayanan umum bagi masyarakat, antara lain dengan menentukan durasi waktu administrasi pelayanan pada tingkat lingkungan, lurah dan kecamatan yaitu masing-masing 10 menit dan masyarakat sudah dapat menggunakan beberapa surat pengantar atau surat keterangan untuk memenuhi kebutuhannya.

"Kami juga telah memberikan kebijakan kepada para lurah untuk melakukan inovasi-inovasi antara lain dengan memberikan pembekalan kepada setiap RT secara keseluruhan bahwa setiap RT bersiap untuk menjadi tempat sarana informasi bagi masyarakat terkait pelayanan umum. Dan terkait pelayanan mereka perlu menentukan durasi waktu administrasi pelayanan pada tingkat lingkungan, lurah dan kecamatan yaitu masing-masing 10 menit," ungkapnya.

Andi Jefriyanto juga menyebutkan bahwa pihaknya juga telah melakukan sinergitas program dengan semua anggota forum komunikasi di setiap Kecamatan. Sinergitas program ini kami wujudkan melalui adanya pemetaan tentang kerawanan-kerawanan wilayah seperti tindak kriminal, konflik sara dan bencana serta meningkatkan sikap partisipasi masyarakat dalam pembangunan seperti diadakannya musrembang mulai dari tingkat Lingkungan hingga Kelurahan.

"Saya juga menyampaikan bahwa disetiap lingkungan sudah ada tim kesehatan yang siap melayani masyarakat 24 jam," jelas Andi Jefri. (*)