KONI Sinjai Rampungkan Persiapan Porkab ke IV di Bumi Panrita Kitta

BONEPOS.COM, SINJAI - Pengurus Komite Olahraga Nasioanl Indonesia (KONI) Kabupaten Sinjai, menyatakan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) ke IV di 'Bumi Panrita Kitta' yang akan di gelar pada 9 sampai dengan 14 September 2019, sudah rampung.

"Semua venue cabang olah raga yang berjumlah 21 cabang olah raga yang akan dipertandingkan hingga saat ini sudah siap kita tinggal cek ulang," kata Ketua KONI Sinjai, Suhardiman, disela-sela rapat koordinasi persiapan kontingen di Sekretariat KONI, Senin, 5 Agustus 2019.

Suhardiman juga menyebutkan bahwa pembukaan hajatan olahraga bergengsi tersebut sudah sangat dekat. Jadwalnya 9 September 2019, dengan design dan acara yang sangat spektakuler.

"Agenda pembukaannya kita jadwalkan pada 9 September mendatang. Adapun design dan acaranya sangat spektakuler, apalagi acaranya pada malam hari, lokasinya bertempat di Stadion H.Andi Bintang Sinjai,” harap Suhardiman

Pada pelaksanaan Porkab Sinjai kali ini akan dipertandingkan 21 cabang olahraga di antaranya, pencak silat, balap sepeda, atletik, panahan, dayung, karate, taekwondo, silat, balap sepeda, sepak takraw, sepakbola, bulu tangkis.

"Untuk medali yang akan diperebutkan kali ini sebanyak 729 buah terdiri dari medali emas, perak dan perunggu," ujarnya.

Menurut Ketua Umum panitia Porkab Sinjai, Andi Jefryanto Asapa bahwa Porkab tahun ini selain merupakan program KONI Sinjai, juga untuk menfasilitasi Pengurus Kabupaten guna menjaring atlet potensial untuk dibina secara intensif dalam menghadapi persiapan Sinjai sebagai tuan rumah PORPROV Sul-Sel ke XVII tahun 2022.

"Untuk itu KONI Sinjai hendaknya mampu mewujudkan diri sebagai organisasi olahraga yang memiliki profesionalisme tinggi terutama dalam hal proses pembibitan ,dan pembinaan atlet di wilayah Sinjai secara dan berkesinambungan," ungkap Andi Jefryanto Asapa.

Sesuai arahan bupati, lanjut Jefriyanto yang juga Plt. Camat Sinjai Utara, bahwa prestasi yang diraih nantinya diharapkan tidak sekedar menumbuhkan kebanggaan diri saja melainkan lebih kepada menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme kita sehingga pada akhirnya menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Data sementara dari 9 kecamatan cabang olahraga yang akan di perlombakan mulai dari Sinjai Barat ada 14 cabang olahraga, Bulupoddo 12 cabor, Sinjai borong 11 cabor, Pulau sembilan 12 cabor,
Sinjai selatan 21, Sinjai tengah 14, Sinjai timur 17 dan Sinjai Utara ada 20 cabor yang akan di ikuti," jelas Andi Jefriyanto. (*)

Penulis: Suparman Warium