Andi Nurhilda Daramata Seto Hadiri Musda dan Raker Dekranasda Sulsel

BONEPOS.COM, SINJAI - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto menghadiri Pembukaan Musyawarah Daerah dan Rapat Kerja Dekranasda Se-Sulawesi Selatan, di Sandeq Ballroom Hotel Claro Makassar, Selasa 6 Juli 2019.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah yang hadir serta membuka secara resmi Musda dan Raker Dekranasda tersebut didampingi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Liestiaty F. Nurdin.

Dalam sambutannya, Liestiaty F. Nurdin menyampaikan bahwa kegiatan Dekranasda ini merupakan agenda tahunan yang menghimpun seluruh penggerak, pecinta, dan penikmat kerajinan daerah untuk sama-sama memayungi dan mengembangkan industri kerajinan daerah di Sulawesi Selatan. Diharapkan kegiatan ini mampu menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dimana pelaku usahanya merupakan usaha kecil dan menengah.

Terkhusus kepada Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota, Lies berharap agar kedepannya fokus pada pengembangan produk kerajinan tertentu.

"Untuk pelaksanaan pameran, tidak perlu banyak pajangan, lebih baik sedikit jumlahnya namun kualitasnya yang terbaik," kata Liestiaty.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota yang sempat hadir. Menurutnya hal tersebut merupakan bentuk dukungan Dekranasda Kabupaten/Kota kepada Dekranasda Provinsi.

Nurdin mengatakan bahwa pemerintah perlu melengkapi kawasan wisata di daerahnya masing-masing dengan menghadirkan galeri atau pusat penjualan kerajinan yang merupakan kebutuhan para wisatawan.

"Pemerintah perlu mengawal program kerja Dekranasda karena Sulawesi Selatan memiliki potensi pariwisata luar biasa. Apalagi sekarang kita sudah memiliki akses ekspor langsung. Kita harapkan kedepannya kita dapat mengekspor produk olahan, bukan bahan mentah. Disinilah dibutuhkan peran dari Dekranasda dalam mendampingi usaha kecil dan menengah agar mampu mengambil kesempatan tersebut," ungkap Nurdin.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Sinjai, Hj.Andi Nurhilda Daramata Seto mengatakan bahwa pengembangan Dekranasda tidak dapat terlepas dari perangkat daerah terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

"Untuk itu, kami berharap pengurus Dekranasda Sinjai mampu membuat program yang berkaitan dengan program dan kegiatan dinas terkait sehingga tetap dapat mendukung pencapaian visi misi pemerintah disamping melaksanakan tugas pengembangan kerajinan daerah. Sedangkan dinas terkait kiranya dapat terus mendukung Dekranasda baik melalui pembinaan dan pengembangan produk," kata Andi Nurhilda.

Kegiatan Musda dan Raker Dekranasda yang mengangkat tema "Sul-Sel Maraja" yang berarti Sulawesi Besar, Hebat dan Berjaya ini akan dirangkaikan dengan Pameran Industri Kreatif Dekranasda se-Sulawesi Selatan serta Lomba Fashion Show Pakaian Adat Khas Sulawesi Selatan Baju Bodo dan Baju Labbu antar Dekranasda seluruh Kabupaten/Kota.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Naomi Sudirman Sulaiman, Pj. Walikota, Iqbal Samad Suhaeb, anggota GOW Forkopimda Se Sulawesi Selatan, Ketua dan pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota. (*)