Gempa 6,0 SR Guncang Taiwan, Aliran Listrik Terputus

BONEPOS.COM. Gempa bumi dengan kekuatan 6,0 pada Skala Richter mengguncang pantai timur-laut Taiwan pada Kamis 8 Agustus 2019 sekitar pukul 5.28 waktu setempat.

Akibat gempa yang cukup kencang, aliran listrik untuk 2.000 bangunan terputus.

Seorang saksi mata mengatakan gempa pada kedalaman rendah tersebut mengguncang gedung-gedung di Ibu Kota Taiwan, Taipei. Sementara itu, untuk pusat gempanya berada di Kabupaten Yilan di bagian timur-laut pulau itu pada kedalaman 22 kilometer.

Tidak ada kerusakan besar dan korban jiwa dalam gempa yang terjadi tersebut. Namun, gempa tersebut menyulut listrik padam dan memaksa pembatalan layanan kereta regional di Taiwan Utara. Selain itu juga dilaporkan ada kebocoran air dan gas

Taiwan, pulau yang diperintah secara mandiri yang dipandang oleh Cina sebagai miliknya, terletak di persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa.

Sebelumnya, lebih dari 100 orang tewas dalam satu gempa di Taiwan Selatan pada 2016, dan sebagian warga Taiwan masih takut terhadap gempa magnitudo 7,6, yang menewaskan lebih dari 2.000 orang pada tahun 1999.