Harga Sapi di Gowa Melonjak, Ini Penyebabnya

BONEPOS.COM, GOWA - Jelang hari raya Iduladha 1440 Hijriah, harga sapi terus melonjak. Kenaikannya cukup drastis bila dibandingkan momen yang sama, tahun lalu.

Salah satu pedagang sapi yang ditemui di Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa, Daeng Bella mengatakan, harga sapi yang ia jual mulai dari Rp8,5 juta hingga Rp35 juta per ekor.

"Harga tergantung berat sapi. Kalau yang paling berat puluhan hingga ratusan kilogram, maka harga sapinya puluhan juta rupiah," ungkap Daeng Bella, Jumat (9/8/2019).

"Kenaikan harga sapi di lapaknya mencapai Rp700 ribu dari tahun lalu. Hal itu dikarenakan karena berbagai hal. Salah satunya biaya distribusi dari Malino Gowa dan biaya makan sapi," sambungnya.

Senada hal tersebut juga disampaikan pedagang sapi lainnya, Daeng Taju. Kata Daeng Tahu, kenaikan harga sapi lumayan signifikan. Bahkan lonjakannya mencapai Rp1 juta dibanding tahun lalu.

"Kalau saya jual sapi dikisaran harga Rp10,5 juta sampai Rp80 juta," katanya.

Adapun sapi terberat yang ia jual mencapai kurang lebih 600 kilogram. Sapi tersebut berasal dari Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa.

Penulis:Ahmad Rusli