Perpustakaan Umum Bone Siapkan 24.462 Koleksi Buku

BONEPOS.COM, BONE - Dalam rangka mengembangkan minat baca buku di wilayah Kabupaten Bone ini, Perpustakaan umum daerah menyediakan 24.462 eksemplar koleksi buku dengan 14.380 judul.

Hal itu disampaikan langsung oleh Pustakawan Perpustakaan Kabupaten Bone, Juniarti Bakhtiar, Kamis, 8 Agustus 2019 di ruangannya. Dikatakannya, dari lebih 24 ribu eksemplar buku itu terdapat 824 judul dari karya tulis ilmiah.

"Semua jenis klasisfikasi buku itu paling banyak diminati adalah buku tentang hukum, kesehatan dan pendidikan," papar Juniarti.

Perpustakaan tersebut selalu terbuka pada setiap hari. Terkecuali libur nasional. Setiap harinya Perpustakaan umum daerah Kabupaten Bone dikunjungi puluhan orang yang didominasi oleh pelajar dan mahasiswa.

"Dilihat dari total data absen, jumlah pengunjung pembaca di Perpustakaan umum daerah Bone pada tahun 2017 berjumlah 31.089 orang dan 2018 mencapai 33.286 orang," tuturnya.

Sedangkan jumlah perkembangan anggota Perpustakaan yang terdaftar dari 2017 berkisar 4.411 orang dan 2018 berjumlah 6.090. "Ini yang terdaftar sebagai anggota Perpustakaan yang bisa meminjam buku," kata Juniarti.

Angka itu terdiri dari pengunjung umum, siswa, mahasiswa dan pelajar. Bahkan, juga sering ada pengunjung dari luar daerah yang melakukan kunjungan ke Perpustakaan itu.

Sitti Fatimah siswi SMAN Negeri 1 Bone dihubungi Bonepos.com mengatakan, telah rutin berkunjung ke Perpustakaan untuk mencari materi saat ada tugas dari sekolah.

Dilihat dari absen, setiap harinya Perpustakaan daerah itu masih didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa.