Penanganan Sampah, Pj Wali Kota Gandeng Investor Jepang

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Kondisi persampahan di Kota Makassar, perlu penanganan serius. Pemkot Makassar terus berupaya menghadirkan program pengelolaan sampah yang bisa menjadi solusi atas permasalahan ini.

Salah satu bukti nyata, yakni Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb ambil bagian pada seminar Waste to Energy yang diadakan Jakarta Japan Club (JJC) di Wisma KEIAI 16th fl, JI. Jendral Sudirman Kav 3, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

Di hadapan JJC, orang nomor satu di Kota Anging Mammiri ini mempresentasikan visi RUN dan misi Triple C yang digalakkan Pemerintah Kota Makassar. Khususnya dalam penanganan sampah dan pengelolaannya di Makassar.

Untuk menggaet investor, Iqbal memaparkan ada banyak potensi yang bisa dikelola di Kota Makassar. Sah satunya sektor pariwisata.

Namun demikian, masalah sampah menjadi hal urgent yang kini dicarikan jalan keluarnya. Termasuk menggandeng pelibatan investor.

"Persoalan persampahan ini terus - menerus meningkat dari tahun ke tahun. Olehnya itu, kami membutuhkan teknologi yang dapat membantu mengatasi persoalan sampah ini khususnya dikelola sebagai pupuk atau kerajinan yang bermanfaat," jelas Iqbal.

"Pemkot juga telah melibatkan PLN untuk bekerja sama dalam pemanfaatan teknologi listrik berbasis sampah. Semoga hal ini menjadi progres dalam hal pemanfaatan sampah," sambungnya.

Kata Iqbal, TPA bisa berfungsi sebagai taman bermain dan arena olah raga apabila pengurangan sampah di daerah ini bisa terselesaikan dengan menggunakan teknologi modern.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishi berujar, JJC terdapat berbagai perwakilan perusahaan besar dan pengembang manufaktur yang ada di Indonesia yang bisa membantu pembangunan yang ada di daerah - daerah. (ril)

Penulis:Adi