Bukan Kaleng-kaleng, Maba FH Unhas “Perangi” Sampah Plastik

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Penanganan dan penanggulangan sampah plastik menjadi masalah bersama. Butuh aksi nyata untuk merealisasikannya.

Hal ini diwujudkan Fakultas Hukum (FH) Unhas. 488 mahasiswa baru FH Tahun Akademik 2019/2020 resmi meluncurkan program Gerakan Mengurangi Sampah Plastik.

Kegiatan ini dilangsungkan di Aula Prof. Lopa, Kampus Unhas, Makassar, Senin (12/8/2019). Peluncuran gerakan ini, dihadiri Dekan Fakultas Hukum, Prof Farida Patittingi, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Muh. Hasrul, beserta dosen dan staf FH Unhas.

“Lingkungan yang bersih tentu akan menghadirkan kenyamanan dalam belajar, bekerja, ataupun beraktivitas," ucap Prof. Farida.

Prof. Farida juga mengajak untuk menumbuhkan semangat cinta bersih. "Apa salahnya jika anak-anakku semua setelah minum botolnya dibuang ke tempat sampah. Jangan ditinggalkan begitu saja. Di sini kita menyediakan banyak tempat sampah. Jadi, ayo kita sama-sama jaga lingkungan kita dari sampah,” sambungnya.

Adapun Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Muh. Hasrul berujar, launching kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

"Fakultas hukum menyadari sepenuhnya bahwa kampus perlu menjadi contoh dan motivator bagi masyarakat untuk lebih peduli lingkungan," tandasnya.

Sebagai bentuk peluncuran gerakan ini, seluruh mahasiswa baru FH Unhas membawa tumbler dan poster berisikan pengurangan sampah plastik.

Penulis:Ahmad Rusli