Kebakaran di Gunung Ciremai Belum Padam, Titik Ini Si Jago Merah Masih Beraksi

BONEPOS.COM, JAKARTA - Masih ada satu titik api di hutan Gunung Ciremai belum padam hingga Senin sore (12/8/2019). Titik api teridentifikasi berada di sebelah atas Blok Sanghiyang Rangka, jalur pendakian Apuy.

Proses pemadaman masih terus dilakukan. Tim pos taktis Sanghiyang Ropoh memulai kegiatan pemadaman secara manual di dua titik api yang berada di sebelah atas Blok Sanghiyang Ropoh, Senin (13/8/2019) pukul 07.00 Wita. Hasilnya, api berhasil dijinakkan pada pukul 16.00 Wita.

Untuk dukungan udara, helikopter yang dikerahkan mampu membawa 4 ribu liter air, belum mampu secara optimal membantu pemadaman.

Helikopter jenis Bell 412 yang terbang pukul 18.00 Wita tidak memungkinkan pengeboman air. Lantaran kondisi cuaca memaksa helikopter mendarat dan siaga di helipad Patulungan.

Dalam rilis Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo menjelaskan, helikopter kembali akan dioperasikan pada Selasa (13/8/2019).

Personel yang terlibat dalam penanganan kebakaran hutan TNGC sebanyak 125 orang. Terdiri atas 70 orang di lapangan dan 45 orang di Posko Palutungan. Mereka berasal dari unsur BPBD Kuningan, TNI, TNGC, Polri, BNPB, BPBD Provinsi Jawa Barat, MPGC Palutungan, Tim Apuy, masyarakat dan sukarelawan yang tersebar di pos lapangan, pos taktis lapangan, pos pantauan, dan pos pengamanan logistik.

Luasan kawasan hutan yang dilalap si jago merah mencapai 371 hektare. Kawasan yang terpapar berada pada ketinggian 2.600 hingga 3.078 m dpl.

Kebakaran semula terjadi di blok Gua Walet, puncak Gunung Ciremai, Kelurahan Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Asap terpantau pada Rabu (7/8/2018) sekura pukul 16.10 Witw dari wilayah Argalingga, Kabupaten Majalengka. (ril)