Gagal Mangsa Manusia, Ular Piton di Bone Kabur ke Masjid

BONEPOS.COM, BONE - Seorang jemaah Masjid Ahmad Yani, Jalan Sungai Musi, nyaris jadi korban. Setelah seekor ular piton nyaris memangsanya, Rabu (14/8/2019).

Diceritakan, Husni, warga setempat, ular piton atau sanca kembang itu nyaris memangsa jemaah saat hendak menunaikan salat subuh, namun saat itu ular piton tersebut langsung kabur.

"Namun ketika pukul 09.00 Wita pagi, ular itu kembali muncul dan masuk ke dalam Masjid," tutur Husni kepada Bonepos.com.

Saat hendak ditangkap, ular tersebut kabur dengan menaiki plafon atap masjid, sehingga jemaah dan warga menghubungi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Alhasil, ular dengan panjang kurang lebih 3 meter itu berhasil diamankan petugas BPBD Bone dan menjadi tontonan warga dan jemaah masjid.

Ukuran Ular Piton

Dikutip dari Wikipedia.org, sanca kembang atau sanca batik adalah sejenis ular dari suku Pythonidae yang berukuran besar dan memiliki ukuran tubuh terpanjang di antara ular lain.

Ukuran terbesarnya dikatakan dapat melebihi 8,5 meter dan merupakan ular terpanjang di dunia.

Lebih panjang dari anakonda (Eunectes), ular terbesar dan terpanjang di Amerika Selatan.

Nama-nama lainnya adalah ular sanca; ular sawah; sawah-n-etem (Simeulue); ular petola (Ambon); dan dalam bahasa Inggris reticulated python atau kerap disingkat retics.

Sedangkan nama ilmiahnya yang sebelumnya adalah Python reticulatus, kini diubah genusnya menjadi Malayopython reticulatus. (bs)