Benteng Alam Bisa Kurangi Dampak Tsunami, Begini Caranya

BONEPOS.COM, PANDEGLANG - Program menanam Mangrove di 10 desa, 4 kecamatan di Kabupaten Pandeglang, dicanangkan Rabu (14/8/2019).

Kegiatan ini diserukan langsung Kepala BNPB Doni Monardo bersama Kepala BMKG Dwikorita, dan Bupati Pandeglang Irna Narulita melalui aksi nyata dengan membangun benteng alam sejak dini agar masyarakat juga ikut menjaga alam

Bentuk aplikasi membangun benteng alam dilakukan dengan menanam pohon bakau dan rambu rawan bencana tsunami.

"Selain tanaman Bakau, bisa juga menanam pohon Cemara Udang, Cemara laut, pohon Pule dapat juga mengurangi dampak dari tsunami" jelas Doni di pantai Galau Labuan, Pandeglang.

Kepala BNPB bersyukur masyarakat setempat mengikuti simulasi untuk meningkatkan budaya sadar bencana. "Saya anjurkan anak-anak dan para ibu untuk mengonsumsi ikan yang banyak, agar sehat. Wilayah ini terkenal dengan hasil ikannya yang berlimpah, supaya anak-anak menjadi cerdas dan kuat" sambungnya.

Adapun Bupati Pandeglang Irna Narulita berujar, daerah terus meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menjadi lebih peduli terhadap potensi bencana.

"APBD Pandeglang juga ada untuk penanggulangan bencana. Selain itu, mengajak dunia usaha seperti hotel, vila, untuk berperan dengan menambahkan lampu sorot ke laut untuk mengurangi korban bencana tsunami," pungkasnya. (ril)