Maknai Kemerdekaan, Ini Pesan Pejabat Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI -- Perayaan Hari Kemerdekaan di Kabupaten Sinjai, berjalan aman dan tertib. Masyarakat Bumi Panrita Kitta menyambut sukacita momentum bersejarah ini,

Para pejabat Forkopimda di Kabupaten Sinjai memiliki pesan khusus dalam memaknai Hari Kemerdekaan ke-74 tahun 2019.

Andi Seto Gadhista Asapa
Bupati Sinjai

Mari memaknai kemerdekaan ini sebagai anugerah dari Allah Swt yang harus dirawat dan dijaga sebaik-baiknya sebagai rasa syukur.

"Sebagai generasi penerus bangsa, mari mengisi kemerdekaan ini dengan membangun Indonesia di segala bidang. Ekonomi, politik Iptek, dan SDM, serta lainnya. Sehingga kita bisa menjadi bangsa yang maju dan terhindar dari penjajahan model baru dari negara-negara luar," ujarnya.

Akbar Mukmin
Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai

Melalui HUT RI ke-74, semua wajib melakukan perenungan apa yang telah, sedang, dan yang akan dilakukan untuk Bangsa dan Negara. Para pendahulu tidak sia-sia memperjuangkan kemerdekaan.

"Untuk generasi muda, jangan hanya sanggup mengucapkan 'Merdeka', tetapi harus berfikir dan berkarya untuk dinikmati oleh dirinya dan juga untuk orang lain, sehingga betul-betul berguna bagi Bangsa dan Negara Kesatuan RI yang kita cintai dan banggakan," sebutnya.

Letkol Inf Oo Sahrojat
Dandim 1424 Sinjai

Memaknai kemerdekaan dengan menghargai perjuangan dan para pahlawan bangsa dengan suka rela berjuang yang mengorbankan jiwa raga untuk merebut kemerdekaan dari kaum penjajah.

Saat ini, untuk meneruskan perjuangan tersebut dengan mempertahankan, membela dan mengisi kemerdekaan agar terbebas dari belenggu penjajahan dalam arti yang sebenarnya seperti penjajahan terhadap lunturnya nilai nilai nasionalisme, moral, karakter dan budaya luhur bangsa serta aspek kehidupan yang lain yang akan mengikis nilai-nilai kemerdekaan.

"Harapan saya kepada generasi penerus bangsa ini dalam mengisi kemerdekaan ini dengan cara menyiapkan diri untuk belajar, berprestasi, dan berkreasi dalam rangka menyongsong masa depan untuk siap menjadi pemimpin yang berwawasan kebangsaan," tuturnya.

AKBP Sebpril Sesa
Kapolres Sinjai

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan Indonesia meraih kemerdekaan dengan perjuangan, bukan pemberian.

"Mari kita bersatu menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan menjaga persatuan dan kesatuan. Memupuk tali silahturahmi sesama anak bangsa," ujarnya.

Bukan itu saja, membangun bangsa dan negara dengan kebhinekaan. "Harapan untuk generasi penerus, mari bangun, jangan bersantai-santai, isi kemerdekaan dengan karya, bukan saling menjatuhkan. Dan pupuk kebersamaan serta persaudaraan sesama anak bangsa," jelasnya.(*)

Suparman Warium