Waspada, Kenali Gejala Kanker Getah Bening

Business concept. Medical 3d concept

BONEPOS.COM. Penyakit kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya, sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut.

Kanker kelenjar getah bening sendiri merupakan salah satu jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik. Sama dengan jenis kanker lainnya, jika terkena kanker kelenjar getah bening maka kemungkinan sembuhnya sangat sedikit.

Simak informasi berikut agar kamu bisa mengetahui gejala-gejala adanya kanker kelenjar getah bening.

1. Demam disertai mengigil dan keringat

Salah satu gejala yang sangat umum ditemui adalah demam. Sebab, demam merupakan pertanda jika imunitas seseorang sedang lemah sehingga infeksi sangat mudah menyerang. Dalam gejala kanker kelenjar getah bening, demam biasanya terjadi disertai tubuh yang kedinginan dan menggigil, serta keluarnya keringat yang sangat banyak saat malam hari.

2. Mudah lelah

Penderita kanker kelenjar getah bening akan sangat mudah mengalami kelelahan. Sebab, kelelahan merupakan tanda jika tubuh sedang tidak dalam keadaan sehat. Jadi, jika kamu merasa lelah terus menerus tanpa alasan yang jelas sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.\

3. Muncul ruam dan gatal

remediesforme.com

Kanker kelenjar getah bening yang hidup terlalu lama ternyata dapat menyebabkan kulit gatal hingga muncul ruam. Selain itu, ruam dan gatal tersebut akan menimbulkan benjolan pada kulit. Kondisi ini umunya terjadi pada kanker jenis limfoma hodging.

4. Berat badan turun tanpa sebab

Hal yang normal jika mengalami penurunan berat badan karena sedang diet. Namun apabila penurunan berat badan terjadi tanpa sebab yang jelas, maka harus waspada.

Penurunan berat badan bisa saja menjadi gejala kanker usus besar, pankreas, atau pencernaan lainnya. Tidak hanya itu, penurunan berat badan tiba-tiba juga bisa menjadi tanda penyakit ini yang dapat menyebar ke hati sehingga akan mempengaruhi nafsu makan dan kemampuan tubuh Anda untuk melepaskan limbah makanan dalam tubuh.

5. Nyeri di bagian dada atau punggung bawah

Kelenjar getah bening merupakan organ tubuh yang terletak pada timus, yaitu organ kecil yang berada di antara paru-paru dan tulang dada. Oleh karena itu, adanya kanker kelenjar getah bening akan memengaruhi timus dan menyebabkan nyeri dada. Kanker kelenjar getah bening juga dapat menyerang limfa di sekitar punggung bawah, sehingga menimbulkan pembengkakan pada saraf sumsum tulang belakang.

6. Nyeri perut

Perut yang terasa nyeri atau kurang nyaman bisa juga menjadi gejala lain adanya kanker kelenjar getah bening. Biasanya nyeri perut ini akan terjadi secara konstan dan sulit dihilangkan. Saat kondisi ini menyerang sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

7. Bengkak di daerah kelenjar getah bening

Saat kanker mulai memasuki stadium awal, sel kanker yang berada di sekitar kelenjar getah bening akan menimbulkan bengkak atau benjolan. Biasanya, benjolan tersebut muncul di daerah leher, ketiak, dan pangkal paha.

Belum ada obat yang dinyatakan efektif mengobati kanker kelenjar getah bening. Oleh karena itu, sebaiknya mulai menjaga kesehatan dengan hidup sehat serta kenali gejala yang terjadi saat kanker ini menyerang. Dengan begitu, kamu bisa menghindari sel kanker tumbuh lebih parah