Demi Pendidikan, Pemda Harus Perhatikan Keluarga Kurang Mampu

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengadakan Rapat Koordinasi tingkat provinsi Sulsel terkait peningkatan akses dan mutu pendidikan di Makassar, Senin (19/8/2019).

Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI Didik Suhardi dalam sambutannya memaparkan, ada tiga indikator yang dapat menghasilkan peningkatan akses dan mutu pendidikan yang berkualitas.

"Pertama memberikan pendidikan secara berkualitas bagi seluruh anak-anak Indonesia sesuai dengan amanat UUD 1945. Kedua dengan memberikan pendikan berkualitas, tidak hanya sekadar menjelaskan namun harus menciptakan anak didik berkualitas," jelas Didik, Senin (19/8/2019).

"Ketiga bagaimana mengelola pendidikan transparan dan akuntabel ditunjang dengan anggaran pendidikan yang kuat," tambahnya.

Didik bilang, tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan akses dan mutu pendidikan di Indonesia adalah terkait wilayah Indonesia yang sangat luas.

"Banyak daerah terluar dan terjauh dan sangat terpencil belum merasakan pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Namun tantangan terbesar lainnya adalah keluarga kurang mampu, ini yang perlu menjadi perhatian bagi pemerintah di daerah-daerah," ujar Didik.

Sementara itu, Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb yang ikut hadir pada gelaran ini berharap, pembahasan dalam rapat koordinasi ini bisa membawa dunia pendidikan khususnya di Makassar menghasilkan akses dan mutu pendidikan yang berkualitas menyongsong generasi 2045.

"Kita harus mempersiapkan semua itu mulai dari sekarang, dari pendidikan anak usia dini hingga ke jenjang lebih tinggi dengan ditunjang oleh sarana dan prasarana serta alokasi dana yang memadai," tuturnya. (ril)