Bukan Dimaling, Uang 10 Juta Rupiah Lenyap dalam Lemari

BONEPOS.COM, Putri Buddi, tidak menduga uang jutaan rupiahnya harus lenyap. Bukan hilang karena diambil pencuri, namun uang tersebut habis dimakan rayap.

Kisah ini di bagikan oleh Putri Buddi pada Sabtu 17 Agustus 2019. Putri tak sengaja membongkar lemari lamanya. Ia pun terkejut kala mendapati lembaran uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu rusak dimakan rayap. Ia juga mendapati banyak sarang rayap dalam lemari tersebut.

"Tiba-tiba ada segerombolan rayap gitu," tutur Putri dilansir dari Kumparan pada Selasa 20 Agustus 2019. "Ternyata ada dua iket uang kertas, masing-masing Rp 5 juta."

Apabila ditotal, uang kertas yang rusak dimakan rayap tersebut mencapai Rp 10 juta. Menurut Putri, dirinya pernah memberi uang senilai Rp 3 juta untuk neneknya.

Karena sang nenek selalu menolak uang pemberiannya, Putri pun berpesan untuk mengambil uang di lemari tersebut apabila dibutuhkan sewaktu-waktu. Tanpa sepengetahuan Putri, sang nenek malah memberi uang tambahan dalam amplop tersebut.

Putri lantas tak pernah membongkar lemari tersebut hingga sang nenek meninggal. Lembaran uang kertas dalam lemari tersebut pun seakan terlupakan.

"Jadi gue ada banyak lemari. Jarang banget gue buka," terang Putri. "Dan gue enggak tahu kalau ditambahin. Sampai nenek gue sakit, sampai nenek gue meninggal, gue pun enggak tau kalau ada duit di sana."

Putri lantas curhat tentang kisah nyesek di akun Twitter pribadinya. Hingga Selasa (20/8), unggahan Putri telah mendapat 2,5 ribu likes dan 2,4 ribu retweets.

Putri Buddin

Twitter

Setelah itu, Putri berusaha untuk menukarkan uang rusak tersebut ke bank. Dari total Rp 10 juta, uang bisa diselamatkan hanya Rp 1,05 juta.

"Jadi kan Rp 5 juta yang buat sarang rayap itu gue buang. Terus yang gue foto di Twitter Rp 5,4 juta," pungkas Putri. "Terus tadi sih gue baru ke BI (Bank Indonesia) sih. Pagi-pagi ke BI yang masih layak tukar itu Rp 1,05 juta."

Kisah Putri ini juga mendapat banyak komentar dari warganet. Sejumlah warganet ada yang memberikan saran terkait penukaran uang, namun ada pula yang ikut merasa nyesek mendengar kisah Putri.

"Sesuai peraturan bank indonesia untuk uang yang bisa ditukar. Semoga membantu," komentar akun @ag***sa. "Biasanya orang lupa nyimpen uang tiba-tiba ditemuin lagi rasanya bahagia banget apalagi pas lagi broke, lha ini kebalikannya," timpal akun @me***ma. "Astagaa nyesek bgt," tambah akun @ch***bs.

Editor:Nur Atika