Pacu Pelayanan, Bapenda “Jemput Bola” di Desa

BONEPOS.COM, SINJAI - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sinjai melakukan "jemput bola". Yakni, Pelayanan Langsung Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Tahun 2019 di Desa Saotengnga Kecamatan Sinjai Tengah, Rabu (21/8/2019).

Kasubid Pelayan Pajak Bumi dan Bangunan Bapenda Sinjai Fatma mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sejak 25 Juli 2019, dan sudah dilaksanakan di tiga kecamatan, diantaranya Kecamatan Bulupoddo, Kecamatan Sinjak Barat, dan Kecamatan Sinjai Borong.

Kini, Bapenda menyasar Kecamatan Sinjai Tengah. Minggu depan di Kecamatan Sinjai Selatan, selanjutnya Kecamatan Sinjai Timur dan Kecamatan Tellulimpoe.

"Hasil evaluasi di Bapenda Sinjai sejak PBB dikelola, salah satu penyebab tunggakan adalah data. Ada perpindahan nama, perpindahan kepemilikan yang tidak berubah SPPTnya," jelas Fatma.

Kendala lainnya, kolektor susah menagih siapa yang mau ditagih. Dikarenakan kepemilikan sudah berubah. Ada nama di SPPT yang sudah tidak mau bayar karena sudah jual. Sementara yang sudah membeli juga tidak mau membayar, karena tidak ada dasar penagihan.

Kepala Bapenda Sinjai Asdar Amal Darmawan berujar, pelayanan langsung ini dilakukan tidak terlepas dari arahan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa yang menekankan kepada para Kepala Perangkat Daerah untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Sebagai bentuk tindak lanjut, kami dari Bapenda melakukan pelayanan langsung, dengan memberikan kemudahan kepada wajib pajak, terutama wajib pajak PBB, jadi tidak perlu lagi datang ke gerai pelayanan langsung yang ada di Bapenda.