Pertumbuhan Ekonomi 8,44 Persen, Makassar Magnet Para Pencari Kerja

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Data BPS menunjukkan angka pengangguran di Kota Makassar berada pada kisaran angka 12,19 persen dengan tingkat pertumbuhan ekonomi mencapai 8,44 persen.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, pada akhir tahun 2018 posisinya berada di atas Provinsi Sulsel 7,07 persen dan pertumbuhan ekonomi nasional berada kisaran angka 5,18 persen.

"Ini menandakan bahwa Kota Makassar adalah magnet dari Provinsi Sulsel bahkan di Kawasan Timur Indonesia. Sehingga banyak yang menjadikan kota Makassar sebagai tempat mencari pekerjaan. Kami tak bisa tolak, akan tetapi tentunya harus melalui regulasi yang tepat,” papar Iqbal, Rabu (21/8/2019).

Karenanya, Iqbal berharap kegiatan Job Fair yang diselenggarakan Disnaker kota Makassar dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja/perusahaan, di mana kedua belah pihak dapat bertemu secara langsung.

Sementara itu, Kadisnaker Makassar Andi Irwan Bangsawan menuturkan, kegiatan Job Fair kali ini pihaknya menyediakan sebanyak 1.500 hingga 3.000 lowongan pekerjaan.

Job Fair ini digelar selama dua hari, 21 dan 22 Agustus 2019 yang dipusatkan di di Four Point By Sheraton Hotel.

Dengan klasifikasi usaha yakni manufaktur, otomotif, industri perbankan, konstruksi, perhotelan, kesehatan, dan UMK.

“Ini sudah kegiatan rutin, satu tahun itu bisa tiga kali kita adakan. Dan yang kedua ini partisipasi penyedia meningkat biasanya 50 perusahaan kali ini mencapai 90 perusahaan,” tutur Irwan. (ril)