Safari Katarak Sasar Masyarakat di Daerah, Operasinya Gratis

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Kegiatan Safari Katarak dihelat di Kabupaten Sinjai, Rabu (21/8/2019). Operasi ini untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pengidap katarak secara gratis.

Gelaran ini dilaksanakan oleh Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar bekerjasama Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Sinjai di UPTD Puskesmas Samaenre, Kecamatan Sinjai Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai.

Dokter Ahli Mata BKMM Makassar, dr Soraya Arifin mengatakan, pemeriksaan dan operasi gratis katarak ini, sebagai salah satu program dari BKMM Makassar dalam menjangkau masyarakat di daerah-daerah.

“Kegiatan ini bagian dari bakti sosial yang kami namakan Safari Katarak dan menjadi program unggulan kami. Jadi kita khusus datang ke daerah, menjangkau masyarakat yang mungkin tidak bisa ke BKKM Makassar,” jelas Soraya.

Di Kabupaten Sinjai, pemeriksaan dan operasi katarak secara gratis berlangsung selama tiga hari.

Adapun Kepala Dinas Kesehatan dr Andi Suryanto asapa bilang, operasi katarak gratis diperuntukkan bagi masyarakat Sinjai. Pihaknya menyiapkan fasilitas pendukung, seperti ruang operasi, rawat inap, dokter ahli, dan peralatan medis.

Bagi calon pasien yang akan mengikuti kegiatan tersebut dikhususkan dengan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu BPJS. (ril)