Kawasan PG Camming Belum Sehat, Ini Indikator Wajib Dibenahi

BONEPOS.COM, BONE - Tim penilai Forum Kabupaten Bone Sehat (FKBS), menyambangi Pabrik Gula Camming (PGC) di Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulsel, Rabu, (21/8/2019).

Kordinator Tim penilai FKBS, Yusuf melakukan peninjauan area PGC. Pada kesempatan itu pula dilakukan pengecekan instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Kunjungan FKBS ini dalam rangka melakukan verifikasi lapangan program kabupaten/kota Sehat 2019. Kabupaten Bone dinyatakan lolos dokumen untuk verifikasi kabupaten/kota sehat untuk tahun ini.

Verifikasi yang dilakukan untuk kategori "swakti saba ustara". Tahun ini ada penambahan satu tatanan kawasan perkantoran dan industri sehat, makanya industri yang disasar, yaitu PG Bone dan PG Camming.

Kata Yusuf, industri perlu menerapkan hal-hal terkait mengarah kesehatan. Utamanya dalam memperhatikan kesehatan karyawan, termasuk kecelakaan kerja dengan penggunaan alat pelindung diri.

Pengawasan terhadap kawasan tanpa rokok juga diintensifkan. Termasuk limbahnya dikelola dengan baik demi menjaga lingkungan masyarakat.

"Secara dokumen IPAL ada, cuma ada beberapa hal yang harus kita ditingkatkan seperti misalnya, belum ada fasilitas ibu menyusui, kawasan tanpa rokok masih kurang, baru di area produksi saja," kata Yusuf yang juga Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bone ini.

Lanjut kata Yusuf, rokok itu bukan hanya berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga lingkungan sekitar. Contohnya kebakaran.

"Ini perlu dibudayakan kepada karyawan. Merokok itu bukan dilarang tapi dijam-jam tertentu," tandasnya.

Penulis:Amry Amas