Negara Rugi Miliaran Rupiah, Pelaku Diduga Korupsi Masih Bebas Berkeliaran

BONEPOS.COM, BONE - Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) mendesak Polres Bone untuk segera menuntaskan dugaan korupsi pengadaan buku Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Disdik Bone, yang terindikasi merugikan keuangan negara milliaran Rupiah.

Kasus dugaan korupsi tersebut hingga kini masih menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Kabupaten Bone. Karena dinilai belum terselesaikan, dengan alasan menunggu hasil audit BPKP.

Sebelumnya Polres Bone telah menyebutkan, kerugian negara pada kasus tersebut sekitar Rp4,9 milliar. Disebutkan ada dua oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dan satu orang broker yang diduga terlibat dalam kasus korupsi miliaran rupiah itu.

"Hingga hari ini belum ada penyelesaian tersangka korupsi PAUD ini. Padahal telah disampaikan kasus ini akan selesai pada awal Juli lalu kepada media. Jadi wajar menjadi tanda tanya bagi
masyarakat Bone terhadap kebenaran proses kasus tersangka korupsi PAUD ini,” tegas Ketua PMII Cabang Bone, Sudry, Kamis (22/8/2019).

Sudry mendesak, Polres Bone agar segera mempercepat proses penyelesaian terhadap kasus korupsi PAUD.

Menurutnya, ketika kasus tersebut semakin berlarut-larut tidak diselesaikan, dinilai akan menimbulkan multitafsir di kalangan masyarakat dan menjadi alat bagi para elite politik di Bumi Arung Palakka untuk kepentingan tertentu.

"Pihak kepolisian harus serius menangani kasus ini. Jangan sampai masyarakat menilai ada hal lain, yang memengaruhi lambatnya kasus ini diselesaikan," tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Bone, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan buku PAUD Disdik Bone. Karena masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara dari BPKP.

"Kalau sudah ada keluar baru kita gelar perkarakan, siapa-siapa tersangkanya," ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi BPKP Sulsel, Ali Ihsan berujar, kasus dugaan korupsi pengadaan buku PAUD Disdik Bone masih dalam penyusunan berkas penyelesaian.

"Iya benar auditnya kami. Ini sementara penyusunan berkas penyelesaian, akan secepatnya kita rampungkan perhitungan kerugian negara kasus PAUD itu," bebernya.

Penulis:Adhy Saruga