Kondisi MTs di Bone Memprihatinkan, Dinding Berlubang, Atap Nyaris Ambruk

BONEPOS.COM, BONE - Infrastruktur pendidikan yang tidak layak masih ditemukan di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan. Salah satunya yang ada di gedung MTs Nurul Falaq di Desa Laburasseng, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone. Keadaannya sudah memprihatinkan.

Sebagian besar kondisi lantai sudah rusak, perabotan sekolah seperti kursi dan bangku juga banyak yang tidak layak pakai, lemari tempat menyimpan buku pelajaran juga tidak bisa digunakan. Terlebih ruang kelas sudah tidak memadai.

Kondisi dinding bangunan MTs Nurul Falaq yang dibangun sejak 2012 lalu, juga banyak yang berlubang. Atap setiap ruang kelas juga sudah nyaris ambruk. Bahkan banyak seng atap yang bocor.

Guru MTs Nurul Falaq, Muh. Arisal mengatakan, kondisi tersebut membuat aktivitas belajar mengajar tidak nyaman.

"Jika hujan mengguyur, para siswa terpaksa kami evakuasi ke ruang lain, lantaran ruang kelas bocor dan takut bisa ambruk," kata Arisal, Jumat (23/8/2019).

Rusaknya kondisi gedung sekolah ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Pihak sekolah sudah sering mengajukan bantuan renovasi tapi sampai saat ini tak kunjung terealisasi.

"Kami berharap agar pemerintah bisa segera melakukan perbaikan gedung, agar para siswa maupun guru bisa melakukan aktivitas belajar mengajar dengan nyaman," tuturnya.

Penulis:Amry Amas