Peserta Pekan Ilmiah Adu Kemampuan, 15 SMA Bersaing

BONEPOS.COM, BONE - Pekan ilmiah dengan tema Reaktualisasi Generasi Islami menghadapi Era Industri 4.0 dilangsungkan di Desa Boda, Kecamatan Tanete Riattang Barat, kampus baru IAIN Bone, Kamis (22/8/2019).

Gelaran ini diadakan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Bone. Dengan peserta 15 SMA sederajat. Cabang lomba yang disuguhkan, yakni Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) dan Lagu solo.

MSQ merupakan kompetisi dengan peserta mempersiapkan materi yang akan dibawakan pada event tersebut. Pada Lomba ini peserta yang terdiri dari tiga orang yang memiliki tugas masing-masing, yaitu 1 orang selaku pensyarah (Dai), 1 orang selaku Qori/Qori’ah (Pembaca tilawah Alquran), dan 1 orang selaku penerjemah bacaan Alquran.

Tema pada kompetisi ini adalah kemerdekaan, makna muharram, dan kepimimpinan. Setiap peserta tampil di panggung secara bersama dalam satu regu.

Acara ini bertujuan untuk menyiarkan kegiatan qurani di lingkungan kampus 2 IAIN Bone.

Pada cabang lomba lagu solo, peserta diwajibkan mengenakan kostum bebas islami, sopan, dan rapi. Peserta juga wajib membawakan satu lagu bebas islami.

Walau semua bertema Islami namun setiap peserta seolah bersaing memperlihatkan ciri khas suara dan teknik yang berbeda dari yang lain.

“Kegiatan seperti ini memang cocok dilaksanakan perguruan tinggi. Karena selain menjadi ajang pencarian bibit-bibit unggul di setiap sekolah, juga menjadi ajang promosi untuk kampus itu sendiri," tutur salah satu pendamping peserta, Mastati Hadrawi. (ril)