Wow, Ini Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jokowi-Ma’ruf, Jenisnya S600 Guard Terbaru

BONEPOS.COM, JAKARTA - Mercedes-Benz Indonesia dan Astra International terpilih sebagai penyedia mobil dinas bagi presiden, wapres, serta para menteri periode 2019-2024.

Informasi yang dihimpun, Mercedes-Benz dan Astra International adalah pemenang tender untuk pengadaan mobil dinas yang dilaksanakan melalui Sistem Tender Umum.

Rencananya, mobil dinas Presiden RI, Joko Widodo dan Wapres RI, Ma'ruf Amin disiapkan oleh Mercedes-Benz Indonesia. Jenisnya, S600 Guard.

Sementara mobil dinas para jajaran menteri dimenangkan Astra International dan an menyiapkan mobil hybrid. Jenisnya, Crown 2.5 HV G-Executive.

Dalam laman website Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), sedang dipersiapkan mobil dinas baru. Lantaran, usia mobil dinas saat ini sudah lebih dari 10 tahun. Pengadaan mobil dinas baru, ternyata terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2005 dan 2009.

"Membutuhkan biaya perawatan yang tinggi sehingga perlu diremajakan dengan pertimbangan teknis seperti faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian," jelas Asisten Deputi Humas, Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto.

Sekadar diketahui, S600 Guard adalah kendaraan roda empat yang dilengkapi sistem perlindungan yang mumpuni. Bahkan, mobil jenis teraebut mengantongi sertifikat VR10. VR10 merupakan sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer. Bukan itu saja, dengan sertifikasi tersebut menjadi pembuktian bahwa perlindungannya mencakup daya tahan kaca dari senapan serbu. (bs)