Ini Hasil Kemenpan-RB Setelah Evaluasi Pelayanan Publik di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai menerima kunjungan Kerja Tim Evaluator Nasional Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI.

Tim tersebut berjumlah empat orang didampingi Kepala Bagian beserta Kasubag dan Staf dari Organisasi Dan Tata Laksana Setdakab Sinjai melakukan kunjungan ke beberapa Instansi Pemerintah Kabupaten Sinjai selama dua hari, 22 dan 23 Agustus 2019.

Instansi yang disambangi antara lain Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai, serta ke Dinas Penanaman Modal, Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai.

Ada beberapa hal yang menjadi target komponen evaluasi diantaranya, standar pelayanan, maklumat pelayanan, konsultasi dan pengaduan, kompetensi pegawai, survey kepuasan masyarakat, kode etik, sarana dan prasarana, sistem pelayanan publik, serta inovasi.

Kegiatan evaluasi terkait penilaian pelayanan publik dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan interview langsung mengenai sarana prasarana dan manajemen pelayanan kepada dinas terkait maupun kepada masyarakat yang selaku penerima layanan.

Kepala Bagian Pada Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, A. Mirna yang juga koordinator tim evaluator mengatakan, kunjungan kerja evaluasi pelayanan publik berdasar pada Permenpan dan Undang-Undang Pelayanan Publik untuk melihat perbaikan-perbaikan yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Evaluasi ini sifatnya adalah untuk menyaksikan langsung bagaimana tindak lanjut unit pelayanan terkait mengenai rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kemenpan-RB pada tahun 2018 lalu," jelas Mirna.

“Kami melihat pelayanan publik di Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai sudah berjalan efektif dan sesuai dengan Undang-Undang No.25 Tahun 2009. Meskipun demikian Pelayanan Publik harus selalu ditingkatkan sesuai tuntutan dan kebutuhan masyarakat," sambungnya.

Kunjungan kerja evaluasi ini membawa nama dari Kemenpan-RB sebagai Tim Evaluator Nasional yang telah direkrut dan ditugaskan khusus untuk mengevaluasi Pelayanan Publik pada 10 Kabupaten di Sulawesi Selatan, antara lain; Kabupaten Pinrang, Kabupaten Takalar, Kabupaten Sinjai, dan lain-lain.