Mubazir, Disdik Biarkan Aset Terbengkalai

BONEPOS.COM, BONE - Aset milik pemerintah lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Bone kondisinya sangat memprihatinkan. Hal itu bisa dilihat pada Gedung SDN 211 Congko di Desa Congko, Kecamatan Barebbo.

Akibat pembiaran tanpa pengelolaan yang baik, menjadikan gedung terbengkalai. Bahkan saat ini, gedung sekolah sudah ditumbuhi tanaman liar. Miris.

Mantan Kepala SDN 211 Congko, Sujani saat dikonfirmasi mengatakan, masalah aset yang tidak terawat itu sudah sering diusulkan untuk dibangun kembali. Sayangnya, tidak mendapatkan respons serius dari Disdik Kabupaten Bone.

"Saya beberapa waktu lalu sudah bicara dengan mantan Kadisdik Rosalim, mengenai pemanfaatan aset Disdik itu, untuk dilakukan pembangunan, bahkan dulu rencananya bangunan tersebut akan dibangun gedung PGRI namun sampai saat ini belum ada realisasi," ungkap Sujani.

Selain itu bangunan bekas sekolah dasar SDN 211 Congko yang dilebur sejak tahun 2006 tersebut juga sudah sering di usulkan pada Musrenbang kecamatan. Namun tak ada langkah nyata untuk pembenahan.

"Bahkan sudah sering diusulkan pada kegiatan Musrenbang agar supaya bangunan aset daerah tersebut dapat dimanfaatkan apakah berupa aula serbaguna atau gedung sekolah," tuturnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Nursalam berdalih, baru mengetahui hal itu.

"Saya akan koordinasikan dengan bagian aset. Kalau saya punya ide, ini dijadikan TK negeri," ujar Nursalam, Sabtu (24/8/2019).