Jokowi Bakal Tumpangi Mobil Dinas Baru, Segini Taksiran Harganya

BONEPOS.COM, JAKARTA - Presiden RI, Joko Widodo yang karib disapa Jokowi akan mengendarai mobil dinas pabrikan Mercedes-Maybach S600 Guard untuk masa tugas 2019 hingga 2024.

S600 Guard adalah kendaraan roda empat yang dilengkapi sistem perlindungan yang mumpuni. Bahkan, mobil jenis teraebut mengantongi sertifikat VR10. VR10 merupakan sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer. Bukan itu saja, dengan sertifikasi tersebut menjadi pembuktian bahwa perlindungannya mencakup daya tahan kaca dari senapan serbu.

Bukan itu saja, S600 Guard ini juga sudah melalui uji balistik di level VR10 dari Ballistics Authority di Ulm. Proteksinya sesuai dengan Directive BRV 2009 Version 2 (Bullet Resistant Vehicles).

Kemudian, untuk posisi duduk penumpang sedan dengan standar eksklusif (VVIP) ini, lebih mundur untuk memastikan perlindungan dan privasi.

Bagian kaca juga dilapis dengan polycarbonate, namun begitu pandangan keluar tetap jernih terlihat. Perihal mesin yang dipakai ada dua belas silinder (V12).

Nah, dari data yang dihimpun, mengenai harga, Mercedes-Maybach S600 Guard ini saat diluncurkan dibanderol dengan harga € 470,000 atau setara Rp7,3 miliar. Namun, kala dipesan untuk menjadi mobil dinas kepresidenan, jelas akan ada spesifikasi khusus.

Sementara mobil dinas para jajaran menteri dimenangkan Astra International dan an menyiapkan mobil hybrid. Jenisnya, Crown 2.5 HV G-Executive.

Dalam laman website Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), sedang dipersiapkan mobil dinas baru. Lantaran, usia mobil dinas saat ini sudah lebih dari 10 tahun. Pengadaan mobil dinas baru, ternyata terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2005 dan 2009.

"Membutuhkan biaya perawatan yang tinggi sehingga perlu diremajakan dengan pertimbangan teknis seperti faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian," jelas Asisten Deputi Humas, Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto. (bs)