Kasihan, Gara-gara Ini Tiga Bersaudara di Wajo Putus Sekolah

BONEPOS.COM, WAJO - Risda Ayu Wulandari tengah sibuk meladeni pembeli, Minggu siang (25/8/2019). Gadis 13 tahun itu memilih berjualan guna membantu kebutuhan orang tua.

Kondisi ini dijumpai Bonepos di depan Pasar Tempe. Inilah potret nyata, sejumlah anak-anak di Kabupaten Wajo, terpaksa tidak mengenyam pendidikan. Alasannya pun beragam.

Ibunda Risda, Nurhadirah bercerita, dia memiliki tiga anak. Mereka adalah Rizaldi Firmansyah (17), Rifaldi Firmansyah (16), dan Risda Ayu Wulandari (13). Ketiganya putus sekolah.

Dikatakan perempuan yang karib disapa Ira, buah hatinya tidak bisa melanjutkan pendidikan dikarenakan faktor ekonomi. Demi memenuhi kebutuhan, maka sang anak pun turut membantu berjualan.

Ira dan sang suami tidak bisa berbuat banyak. Diakuinya, semangat menimba pendidikan anak sangat tinggi. Namun tidak didukung keuangan keluarga.

"Anak kedua saya suruh berhenti sekolah gara-gara musibah. Dia pun menangis, karena tidak bisa lanjut," ucap Ira.

Bahkan, buah hati keduanya ini tengah menderita tifus dan sementara dirawat seadanya di rumah. Dia ditemani oleh anak pertamanya.

Sementara itu, Risda mengakui, kalau ada rezeki berlebih maka dia pun akan melanjutkan pendidikan. Cita-citanya yang ingin jadi dokter, akan diwujudkan dengan belajar dan belajar.

"Saya harus bantu mama jualan biar bisa ka sekolah. Saya mau jadi dokter," ujar gadis yang putus sekolah sejak kelas VI SD.

Penulis:Risal Basri