Majukan Koperasi, Birokrasi Jangan Bertele-tele

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Puncak Hari Koperasi ke-72 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dilangsungkan di kawasan wisata Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, (25/8/2019). Kali ini mengusung tema Reformasi Total Koperasi di era revolusi industri 4.0.

Bupati Bulukumba A.M. Sukri A. Sappewali sebagai tuan rumah mengharapkan agar koperasi ke depan tetap menjadi soko guru perekonomian di daerah.

Ketua Harian Dekopin Pusat Agus Sujatmoko mengharapkan modal teknologi dan inteletual di revalusi industri 4.0, maka koperasi harus beradaptasi dan mereformasi menjadi koperasi yang revolusioner. Bisa berkembang dengan memaksimalkan setiap peluang yang ada. Sehingga menjadi semacam model perusahaan yang profesional.

Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat bilang, memajukan koperasi harus meningkatkan SDM dengan daya dukung yang kuat, investasi juga harus kuat. Bukan itu saja, birokrasi tidak bertele-tele dan dengan dukungan pemerintah yang besar Koperasi diharapkan dapat beradaptasi dengan meningkatan SDM dengan tujuan mendukung penurunan kemiskinan, sebagai tujuan nasional.

Dalam ajang kali ini Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai, ikut ambil bagian pada pameran dengan menampilkan produk kerajinan lokal binaan Dinas Koperasi serta produk makanan dan minuman olahan khas Sinjai.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai Firdaus, momen ini sangat penting. Tidak sekadar ajang silaturahmi pelaku koperasi, juga sebagai tempat untuk mempromosikan produk-produk UKM dan tempat studi dalam rangka pengembangan produk koperasi dan UKM kedepannya dalam rangka menghadapi reformasi total di era revolusi industri 4.0.