3 Atlet Renang Perairan Terbuka Sulsel Kunci Tiket PON Papua

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Sebanyak tiga atlet Open Water Swimming (OWS) atau renang perairan terbuka Sulsel, memastikan diri lolos berlaga pada PON XX tahun 2020 di Papua.

Ketiga atlet renang perairan terbuka Sulsel tersebut, yakni Muh. Nauval Saputra (5.000 meter putra), Wanda Agustina (5.000 meter putri), dan Nurul Nurva Inayah (10.000 meter putri).

Sekretaris Umum (Sekum) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulsel, Nadwi Syam mengatakan, Sulsel menyisakan satu kouta belum dipenuhi yaitu 10.000 meter putra. Targetnya bisa terealisasi pada Pra-PON kedua di Bali, September 2019.

"Kalau Pulau Jawa mau komitmen dengan peraturan yang dikeluarkan KONI Pusat bahwa atlet tidak boleh ada yang merangkap cabor, maka Sulsel sangat berpeluang meraih medali di PON," jelas Nadwi, Senin (26/8/2019).

"Karena yang juara di Pra-PON didominasi atlet nomor kolam. Nah, kalau mereka disuruh memilih antara OWS dengan renang kolam, pasti mereka pilih nomor kolam, karena mereka bisa turun di banyak nomor, bisa sampai 10 nomor, sedangkan di OWS hanya boleh turun satu nomor saja," sambungnya.

Pada PON Papua nanti, ada tiga kategori yang diperlombakan, yakni 3.000 meter putra/putri, 5.000 meter putra/putri, dan 10.000 meter putra/putri. (ril)