Ini Bukti Nyata Cinta Sinjai Kepada Nelayan

BONEPOS.COM, SINJAI - Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai helat Diklat Dasar-Dasar Keselamatan Kapal Tradisional (BST KLM) dan Kecakapan Kapal Tradisional (SKK 60 MIL) yang dilangsungkan di Wisma Hawai, Senin (26/8/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai, A. Irwan Syahrani Yusuf berujar, gelaran ini merupakan bentuk realisasi dari usulan terhadap peningkatan keselamatan pelayaran di Kabupaten Sinjai.

Diketahui di Panrita Kitta ada tiga kecamatan yang berada di daerah pesisir pantai, sehingga banyak masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Maka dari itu, diklat seperti ini untuk memberi bekal kepada para nelayan untuk keselamatan mereka pada saat berlayar.

"Ini adalah diklat ketiga dan merupakan diklat terakhir pada tahun ini. Ada 194 orang yang mengikuti diklat dan tidak sembarang orang yang ikut karena ada persyaratan kesehatan dan administrasi yang harus dilengkapi," papar Irwan.

Adapun Kepala Sub. Bagian Keuangan Perhubungan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Paris Juvenalis Marino Senda bilang, Diklat ini dilakukan untuk keselamatan.

"Demikian masyarakat nelayan bisa memahami dengan baik tentang tata cara operasional maupun alat-alat dan keselamatan ketika mereka melakukan aktivitas laut," tandasnya.