Iqbal Beri Wejangan Pada Forum Pemimpin se-ASEAN di Thailand

BONEPOS.COM, THAILAND - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb diberi amanah menjadi salah satu pembicara utama pada ASEAN Mayors Forum (AMF) ke-5 Tahun 2019 yang dihelat di Kota Bangkok, Thailand (26/8/2019). Gelaran ini berlangsung selama tiga hari.

Pada momentum ini, Iqbal berbicara di depan para pemimpin kota se-ASEAN tentang Teknologi Cerdas untuk Pembangunan Perkotaan yang Berkelanjutan.

“Insya Allah, ini adalah kesempatan untuk membangun kolaborasi dengan kota-kota ASEAN dalam menuntaskan berbagai tantangan perkotaan dengan pendekatan teknologi dan juga kearifan lokal yang kita miliki” jelas Iqbal saat menghadiri seremoni pembukaan yang dilangsungkan di The United National Conference Centre (UNCC) Bangkok.

Kata Iqbal, salah satu poin yang disampaikan dalam forum internasional ini yakni konsep *Run Makassar* dengan tiga misi utamanya yakni Clean, Comfort and Continuity yang saat ini menjadi acuan utama dalam pembangunan Kota Anging Mammiri.

“Era digital memberi kita kesempatan untuk membangun keterhubungan yang lebih erat dengan kota-kota lain yang tentu memiliki problematika yang beragam. Di Forum ini kita akan bertukar pikiran dengan berbagai stakeholder termasuk juga melihat peluang-peluang kerjasama demi hadirnya solusi dari beragam persoalan kota yang kita hadapi saat ini, baik itu kemacetan, banjir, masalah sampah dan lain-lainnya," papar Iqbal.

Iqbal Suhaeb tampil tidak sendirian, dia bersama sejumlah stakeholder, diantaranya Mr. Desmond Choo, Mayor of North East District, Singapura, Mr. Jongdae Cha, Director General from Daejeon International Marketing Enterprise, Daejeon, Korea Selatan, Mr. Albert Graves, Program Director, WeGO Secretariat , Dr. Konstantin Matthies, Engagement Manager, AlphaBeta, Singapura, serta Ms. Chee Anne Roňo, Urban Development Specialist, Cities Development Initiative for Asia (CDIA).

Pada kegiatan, sejumlah pejabat Pemkot Makassar hadir mendampingi Iqbal Suhaeb yakni Asisten II pemkot Makassar, Sittiara Kinang, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemkot Makassar, dr.Muhammad Rusli, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali serta Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Makassar, Andi Mappanyukki.

AMF 2019 diikuti oleh 300 peserta, terdiri dari pemimpin kota ASEAN, perwakilan pemerintah daerah dan asosiasi pemerintah daerah dari semua negara anggota ASEAN.

Peserta lain termasuk perwakilan tetap dan Sekretariat ASEAN, perwakilan pemerintah nasional, pembuat kebijakan, akademisi, pakar teknis, negara dan lembaga mitra pembangunan, agen khusus dan perwakilan sektor swasta. (ril)