Wajo Siapkan Tempat 1,5 meter x 1,5 meter Bagi Korban Kebakaran Pasar Tempe

BONEPOS.COM, WAJO - Pemkab Wajo langsung bergerak cepat pasca musibah kebakaran terjadi di Pasar Tempe, Sengkang, Wajo. Pemda membuat tempat bagi pedagang yang juga korban kebakaran.

Bonepos memantau, tidak jauh dari lokasi kebakaran, sejumlah pekerja terus menggenjot pekerjaan. Kendaraan lalu lalang di sekitar lokasi mengangkut material yang akan digunakan.

Kepada Bonepos, Koordinator Pasar, A. Baso menjelaskan, tempat-tempat yang sementara dikerjakan tersebut nantinya diperuntukkan bagi para korban. Tidak ada biaya yang dibebankan kepada pedagang. Murni tanggungan Pemkab Wajo.

"Satu petak berukuran 1,5 meter x 1,5 meter. Ada 700 pelataran yang disiapkan," kata Baso, Senin (26/8/2019).

"Dijadwalkan pembagian tempat melalui sistem lor dilaksanakan besok (Selasa, 27/8/2019) pukul 1 siang," tambahnya.

Sekadar diketahui, kobaran api menghanguskan Pasar Tempe, Sengkang, Kabupaten Wajo pada Sabtu (24/8/2019). Ada sekitar 692 pedagang yang jadi korban amukan si jago merah tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Amiruddin berujar, pembuatan tenda darurat atau lapak-lapak sementara seluruhnya ditanggung pemerintah daerah tanpa ada pembayaran oleh para pedagang. Ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Pemkab Wajo kepada para korban kebakaran.

Untuk pembagian tempat berdagang nantinya, kata Amiruddin, Pemerintah Kabupaten Wajo akan melakukan sistem lot. Dengan pengawalan dari pihak kepolisian dan TNI.

"Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, masih dalam proses investigasi. Kemungkinan berkembang dipenyelidilan penegak hukum," tambahnya.

Penulis:Risal Basri