Kaltim Ibu Kota Negara, Jakarta Kota Keuangan

Foto: IG Jokowi

BONEPOS.COM, JAKARTA - Wacana pemindahan lokasi ibu kota Indonesia, menguat. Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melirik Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai daerah untuk dijadikan ibu kota yang baru.

Lokasi yang dipersiapkan Jokowi sebagai ibu kota baru lokasinya berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanaegara yang merupakan wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)

"Sebagai bangsa besar yang sudah 74 tahun merdeka, Indonesia belum pernah menentukan dan merancang sendiri ibu kotanya," tulis Jokowi pada Instagram pribadinya.

Dikatakannya, pemerintah sudah melakukan kajian-kajian mendalam, terutama dalam tiga tahun terakhir. Hasil kajian-kajian tersebut menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di wilayah Provinsi Kaltim.

Lantas, bagaimana dengan Jakarta pasca bukan lagi sebagai daerah ibu kota negara?

Jokowi menyampaikan lagi pada akun Instagram pribadinya, Kota Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan. Jakarta terus dikembangkan menjadi kota bisnis, kota keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa berskala regional dan global.

"Rencana Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan urban regeneration yang dianggarkan sebesar Rp571 triliun, misalnya, tetap dijalankan. Pembahasannya bahkan sudah pada level teknis dan siap dieksekusi," tulis Jokowi. (ms)