HMI Pertanyakan Keseriusan Polres Bone Bongkar Kasus Korupsi

BONEPOS.COM, BONE - Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bone mempertanyakan keseriusan Polres Bone dalam menyelesaikan kasus korupsi di Bumi Arung Palakka.

Sejumlah kasus tindak pidana korupsi yang kini ditangani pihak Polres Bone, harus segera diselesaikan. Tidak sekadar merilis sejumlah kerugian keuangan negara akibat dugaan korupsi tersebut.

Ketua Bidang Pembinaan Anggota (PA) HMI Cabang Bone, Ardianto mengatakan, seharusnya pihak Kepolisian Resort Bone berhenti mendeklarasikan kerugian-kerugian negara dari beberapa kasus yang ditanganinya.

"Saya mohon dengan hormat kepada Bapak Kapolres Bone demi menjaga marwah institusi Kepolisian agar masyarakat Bone bisa mendapatkan pendidikan hukum di dalam proses penegakan tindak pidana korupsi yang dilakukan aparat Polres Bone," tegas Ardianto, Rabu (28/8/2019).

Lanjut Ardianto, Polres Bone atau pihak Kepolisian tidak memiliki tugas atau kewenangan dalam menetapkan kerugian negara. Namun Kepolisian harus fokus membuktikan perbuatan melawan hukum pelaku sambil menunggu hitungan dari lembaga berwenang terkait kerugian negara.

"Polri tidak didesain oleh negara sebagai institusi mesin penghitung kerugian keuangan negara, melainkan ada lembaga lain yang didesain oleh negara untuk tugas itu," tegasnya.

Penulis:Iwan Taruna