Proyek Hotmix Senilai Rp 5 Miliar di Bone Tak Dilengkapi Papan Proyek

Pada Selasa, 27 Agustus kemarin, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, turun langsung untuk melihat perkembangan proyek pengaspalan di ruas Bacu-Cinennung, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone.

BONEPOS.COM, BONE - Proyek hotmix atau pengaspalan di Desa Cempaniga, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan diduga proyek siluman, dimana tidak ada papan informasi di lokasi proyek tersebut.

Berdasarkan pantauan Bonepos.com, di lapangan Selasa, 27 Agustus 2019 kemarin, proyek hotmix tersebut tidak memakai plang informasi proyek.

Menanggapi hal tersebut, Ketua LSM Latenritatta, Mukhawas Rasyid, Rabu, 28 Agustus 2019 mengatakan, bahwa proyek tersebut sudah menyalahi undang-undang.

"Kontraktor sudah menyalahi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah," ungkapnya.

Mukhawas menduga ada indikasi permainan dalam proyek pengaspalan tersebut, mengingat proyek tersebut sudah berjalan namun tidak ada papan proyek yang terpasang.

"Proyek sudah jalan, mana papan proyeknya, hal ini adalah bukti kalau proyek ini tidak transparan. Jika tidak transparan tentunya ada yang disembunyikan dibalik itu," terangnya.

Mukhawas berharap, pekerjaan proyek tersebut agar dapat terlaksana dengan mengacu dan memenuhi standar pekerjaan teknis sebagaimana isyaratkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum tentang pekerjaan jalan.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun Bonepos.com, proyek pengaspalan ruas jalan Bacu - Cinennung, Barebbo ini dikerjakan oleh CV. Dwi Alamsyah.

Adapun sumber anggaran berasal dari dana hibah Provinsi Sulawesi Selatan yang dimasukkan dalam APBD Bone tahun 2019 senilai Rp 5 miliar melalui dinas PU dan Penataan Ruang Bone.

Pada Selasa, 27 Agustus kemarin, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, turun langsung untuk melihat perkembangan proyek pengaspalan tersebut.

Namun sayangnya, dalam kunjungannya itu, tidak ada satupun pejabat dari Dinas PU dan Penataan Ruang Bone yang nampak mendampingi orang nomor dua di Sulsel itu.

Dikonfirmasi perihal tersebut, Kepala Dinas PU Kabupaten Bone, Khalil menjelaskan, dia sempat bersama Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada saat di Poltek Perikanan.

"Kami (Dinas PU Bone) sudah izin tidak mendampingi (Wagub-red) karena kami sementara melakukan verifikasi Dana DAK 2020," dalih Khalil. (Ril)