Begini Trik Bikin Judul Skripsi, Apa Saja Itu

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Struggle of Economic Students Study Club (SOS SC) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI menggelar diskusi umum dengan tema, "Apa Judul Skripsimu?"

Pada rilis yang diterima Bonepos, diskusi umum tersebut mendatangkan dua narasumber; Muhammad Aras Prabowo SE.,M.Ak Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) yang juga sebagai penulis buku "Akuntansi Dalam Kebudayaan Bugis" dan Dr. Darwis Lanai S.E.,M.M.,AK.,CA.,ACPA Ketua Jurusan Akuntansi FEB UMI Makassar.

Ada puluhan mahasiswa hadir pada gelaran ini, tidak hanya UMI, kampus dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Darma Nusantara, Universitas Islam Negeri Alauddin, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Nitro, dan Universitas Hasanuddin, juga ambil bagian.

Muhammad Aras Probowo menyampaikan, pembuatan skripsi bukan hal yang sulit bagi mahasiswa. Apalagi mahasiswa yang mengikuti banyak kegiatan dan organisasi kemahasiswaan.

“Karena mereka memiliki waktu selama kurang lebih 4 tahun dalam memikirkan judul beserta rumusan pembuatannya," tuturnya.

Kata Aras, mahasiswa memiliki aktifitas selain di ruang-ruang kuliah formal, seperti organisasi internal kampus maupun eksternal kampus. Hal itu berpotensi melahirkan karya ilmiah terbaik, bahkan memungkinkan untuk terbit pada jurnal-jurnal internasional.

Aras mencontohkan, mahasiswa aktif berorganisasi akan banyak ilmu pengetahuan yang mewarnai pemikirannya. Bisa jadi dalam organisasi mengkaji ilmu pengetahuan di luar bidangnya seperti kajian budaya, politik hingga hukum.

Hasil kajian tersebut akan melahirkan corak kajian yang baru dalam akuntansi yang disebut akuntansi multiparadigma.

Adapun Darwis Lanai menuturkan, judul yang paling tepat adalah judul yang bisa menjadikan seseorang mahasiswa sarjana.

“Tak perlu yang ribet maupun terlalu panjang. Cukup memilih judul yang tepat sesuai dengan kemampuan diri sendiri sehingga tidak mempersulit diri,” sebut Ketua Jurusan Akuntansi UMI Makassar. (ril)