Di Kampung JK, Proses Belajar MTs Mengancam Jiwa Murid

BONEPOS.COM, BONE -- Kondisi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Baburrahman di Kampung Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), sangat memprihatinkan.

Tepatnya di Kelurahan Waetuwo, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone. Dinding sekolah hanya dibangun dari papan dan kondisi lantai pun bukan keramik melainkan semen yang sudah terlihat rusak. Miris.

Kondisi dua ruang kelas yang terbuat dari dinding papan beratap seng itu separuh dari dinding papannya sudah ada jarak sehingga terlihat berlubang.

Kayu rangka balok bangunan pun terlihat sudah lapuk termakan usia. Kondisi ini mengancam jiwa para murid saat peoses belajar tengah berlangsung. Selain itu fasilitas yang tidak layak pakai seperti papan tulisnya juga kusam.

Meskipun demikian, para guru dan siswanya tetap semangat melaksanakan proses belajar mengajar. "Satu unit ruang kelas itu masih bangunan lama, kelas yang pertama sejak madrasah ini didirikan," ungkap Wakil Kepala MTs Baburrahman, Sukmawati, Kamis (29/8/2019).

Selain itu, kondisi MTs Baburrahman saat ini masih membutuhkan tambahan kelas baru, lantaran jumlah peserta didik sekarang lebih banyak dibanding dengan jumlah kelas yang tersedia.

Untuk diketahui fasilitas ruang kelas yang tersedia di madrasah ini sebanyak 5 rombel, sedangkan jumlah siswa yang terdaftar berjumlah 6 rombel sehingga 1 ruang kelas terpaksa harus disekat dua.

Sugianto Warium