Mau Tulang Tetap Sehat, Begini Saran Dokter Sakti

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Dengan tulang yang sehat, seseorang bisa beraktivitas dengan nyaman. Lantas, bagaimana agar tulang bisa sehat?

Dosen Orthopaedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Dr.dr. Muhammad Sakti SpOT(K) menjelaskan, tulang adalah jaringan hidup. Seperti makhluk hidup juga, seperti tanaman, juga perlu makanan, perlu perawatan dan perlakuan khusus.

Hal itu dilakukan, supaya tulang bisa sehat, kuat sehingga bisa membantu aktivitas hidup sehari-hari.

Kata Dr dr Sakti, seperti tanaman, kalau tidak dirawat dengan baik, maka bisa layu, gampang patah dan rusak yang menyebabkan penyakit.

"Agar tulang sehat, kuat maka kita harus memberikan makanan atau nutrisi ke tulang tersebut, misalnya vitamin, mineral, dan protein. Sedangkan dari luar bisa kita rangsang atau latih kekuatan dan kelenturannya, dengan cara expose kulit kita sinar matahari pagi (di bawah pukul 10 pagi)," papar Sakti.

Sakti juga menganjurkan agar rutin berolahraga memberi beban ke tulang, sehingga merangsang tubuh mengarahkan mineral-mineral ke arah tulang yang diberi beban, menjadikan tulang lebih kuat. (ril)