SUPM Bekali Siswa Empat Pilar, Apa Saja

BONEPOS.COM, BONE - Sebanyak 190 calon siswa resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Bone Angkatan XXXVI, Rabu (28/8/2019).

Mereka berasal dari berbagai kabupaten dan provinsi di Indonesia. 50 persen dari siswa tersebut adalah buah hati pelaku utama pendidikan, yakni mereka yang orang tuanya bekerja di sektor perikanan.

Upacara pelantikan dan pengukuhan siswa baru dibuka langsung Kepala SUPM Bone, Nurdin Kasim, yang juga bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam sambutannya, Nurdin Kasim mengapresiasi perjuangan calon siswa baru yang tetap bertahan hingga pelantikan. Dia juga meyakinkan orang tua siswa untuk mempercayakan pendidikan buah hatinya kepada SUPM Bone.

“Kepada Bapak, Ibu, orang tua siswa, kita patut berbangga karena SUPM Bone akan menjadi satu-satunya SUPM di bagian Timur Indonesia. Sarana dan prasarana akan kita tingkatkan. Jumlah siswa yang akan diterima juga akan bertambah. Hal itu juga untuk mendukung SUPM Bone sebagai pilar Bone Pusat Maritim," ungkap Nurdin Kasim dalam rilisnya yang diterima Bonepos.com, Rabu (28/8/2019).

Selain itu, kata Nurdin, pendidikan di SUPM Bone adalah pendidikan vokasi berkarakter. "Pendidikan karakter itu meliputi empat pilar. Pertama olah hati, agar anak didik kita memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa. Kedua olah pikir, memiliki keunggulan akademis dan menjadi pembelajar sepanjang hayat, ketiga olah rasa, memiliki integritas, bercita rasa seni dan berbudaya. Keempat olahraga, membentuk peserta didik yang sehat dan aktif. Itu juga meliputi empat hal yaitu etik, literasi, estetik dan kinestetik,” jelasnya.

Suasana haru terlihat ketika Kepala sekolah melantik dan mengukuhkan secara resmi calon siswa yang disusul dengan penyematan atribut kepada para siswa baru oleh orang tua masing-masing.

Sebelum dilantik, calon siswa telah mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) selama enam hari disusul Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) selama 21 hari. Selama masa PLS dan LDK, siswa diberi pembekalan terkait seluruh aktivitas pembelajaran serta kehidupan kampus.

Selama itu pula mereka dinilai untuk menentukan peserta terbaik. Alvin Ramadhan dan Khusnul Ananda terpilih sebagai peserta terbaik putra-putri. Keduanya diberi penghargaan dan penyematan atribut oleh Kepala SUPM Bone.