Jayapura Rusuh, Batalyon C Pelopor Kirim Personel Tambahan ke Papua

BONEPOS.COM, BONE - Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan menambah pasukan pengamanan di Papua dan Papua Barat dengan mengirimkan personel tambahan sebanyak 40 orang.

Komandan Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan mengatakan, pengiriman personel tambahan ini guna memperkuat dan mempertebal kekuatan personel Polri yang ada di Papua.

“Total ada 40 orang personel yang kami kirim. Tujuannya untuk mempertebal kekuatan personel yang saat ini ada di Polda Papua,” ungkap Nur Ichsan saat ditemui Bonepos.com, usai pelepasan personel di Mako Brimob Bone, Jalan, MH Thamrin, Jumat, 30 Agustus 2019.

Dia berharap, personel Batalyon C Brimob Polda senantiasa menjaga nama baik institusi serta tetap semangat dalam melaksanakan tugas serta jaga kekompakan dengan rekan-rekan dan senantiasa menjaga kesehatan dalam pelaksanaan tugas.

Seperti diberitakan, setelah Manokwari, Sorong dan Deiyai dilanda demonstrasi berujung aksi kekerasan yang menelan satu korban tewas dan beberapa lainnya luka, hari Kamis 29 Agustus 2019, kota Jayapura yang dilanda kerusuhan.

Akibat aksi demonstrasi itu, sejumlah kantor dan fasilitas publik, antara lain kantor Majelis Rakyat Papua MRP, kantor Pos, Hotel dan sejumlah ruko dibakar massa.

Aksi ini disebut-sebut sebagai lanjutan aksi demonstrasi serupa memprotes ujaran bernada rasial terhadap sekelompok mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur.