Tembus Lima Besar, Sulsel Gagal Capai Target

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Kontingen Sulsel harus puas menduduki posisi lima pada event O2SN jenjang SMK tingkat nasional tahun 2019 yang dipusatkan di Banda Aceh. Atlet pelajar Sulsel mendulang tujuh medali; tiga emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Raihan posisi lima besar ini, tidak merealisasikan target kontingen sebelum turun berlaga. Sulsel membidik masuk tiga besar.

Namun demikian, capaian lima besar ini melampaui hasil O2SN jenjang SMK tingkat nasional tahun 2018, saat itu Sulsel bertengger di posisi kesembilan dengan meraih tujuh medali; dua emas, tiga perak, dan dua perunggu.

Kontingen Sulsel, Mastinah mengapresiasi perjuangan keras seluruh atlet dan pelatih Sulsel yang turun bertanding. Mereka sudah berjuang memberikan hasil terbaik.

"Berbicara target, kita belum mencapai. Target kita sebenarnya tahun ini masuk tiga besar. Kenyataannya daerah Jawa dan Sumatera masih memegang posisi teratas," kata Mastinah, Jumat malam (30/8/2019).

Adapun Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Hery Sumiharto menilai, hal yang perlu dibenahi adalah klub olahraga yang ada di sekolah, untuk lebih digiatkan. Sehingga anak-anak ada wadah untuk melampiaskan hobinya menjadi prestasi di olahraga.

Diakuinya, walaupun besar harapan di SMK lebih mengedepankan ketempilan sesuai bidang jurusan yang ada di sekolah agar bisa masuk di dunia usaha, namun salah satu peluang di dunia kerja juga melalui olahraga.

"Target kita yang penting anak-anak memperlihatkan semua prestasinya. Karena ini merupakan awal lompatan mereka ke depan pada event yang lebih besar lagi," tandasnya. (ril)