Di Jeneponto Ada Lokasi Kitesurfing, Gubernur: Ada Yang Pernah Coba?

BONEPOS.COM, JENEPONTO - Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, ternyata memiliki lokasi menarik untuk melakukan kitesurfing. Lokasinya di Desa Mallasoro, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto.

Hal ini diketahui dari postingan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah pada akun Instagram pribadinya, Minggu (1/9/2019).

"Ini bukan di Bali, tapi di Jeneponto Sulawesi Selatan. Kitesurfing salah satu olahraga seluncur air dengan menggunakan parasut sebagai penariknya. Ada yang pernah coba dan sudah berkunjung?," tulis Nurdin Abdullah.

Dilansir dari superadventure, Kitesurfing atau biasa dikenal kiteboarding merupakan olahraga air hasil perpaduan antara surfing dengan layangan. Surfing umumnya hanya menggunakan papan seluncur yang didayung menggunakan tangan, sedangkan kitesurfing cuma berseluncur melainkan harus mengendalikan layangan yang tertiup angin.

Tidak sedikit yang menilai, kitesurfing jauh lebih menantang dibanding surfing biasa. Pasalnya, tidak hanya menaklukan ombak yang datang saja, melainkan harus mengarahkan layangan juga. Sehingga, konsentrasi harus terpecah dua; mengendalikan papan seluncur dan layangan.
Menariknya, olahraga ini bisa dimainkan tanpa memerlukan ombak. Kok bisa? Kitesurfing hanya memerlukan angin untuk menggerakan layangan agar bisa mengudara dan membawa tubuh peselancar terombang-ambing di atas permukaan air. (bs)