Perjalanan Putri Bantaeng Hingga Dilirik Timnas Indonesia

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Namanya Visca Dewi Syamsuri. Dia akrab disapa Visca. Perempuan kelahiran Bantaeng, 16 Maret 1997 ini, masuk dalam radar pantauan Timnas Basket Indonesia.

Pencapaian luar biasa Visca, tidak lahir begitu saja. Jenjang karier sebagai atlet bola basket dilalui dari bawah. Saat masih berseragam putih abu-abu, Visca sudah menunjukkan kualitasnya.

Di bawah asuhan Pelatih, Kurniawan Hazairin, kepiawaian Visca, terus terasah saat masih duduk di bangku SMAN 11 (Smanses) Makassar. Visca masuk dalam First Team Honda DBL South Sulawesi Series 2014.

Kemampuan Visca makin naik. Tahun 2016, Visca masuk dalam skuat Tim basket Sulsel yang turun berlaga di PON Jawa Barat. Sumbangsih Visca Cs menorehkan sejarah bagi bola basket putri Sulsel. Karena, baru pertama kali menembus gelaran pesta olahraga tingkat nasional tersebut.

"Dia pemain terbaik. Karena prinsipnya. Dia pekerja keras dan punya jiwa petarung ditambah lagi dengan skill yang bagus," puji Kurniawan Hazairin yang juga Pelatih Basket Sulsel untuk Pomnas, Minggu (1/9/2019).

Saat ini, Visca tengah mengikuti Seleksi Timnas Basket Putri Indonesia. Sudah masuk dalam tahap 16 besar. 12 diantaranya akan terpilih membela Merah Putih.

Proses seleksi Timnas basket putri Indonesia ini, terus berjalan. Visca Cs kini berada di Korea Selatan sebagai bagian try out.

"Senang sudah pasti, bangga apalagi bisa dipanggil. Seleksi saja sudah bersyukur sekali, apalagi sudah terpilih 16 besar. Saya jalani saya yang terbaik," ucap Visca. (ril)